Gadget News
for SEO
Gadget News

OPPO Hadirkan eXperience Store Pertamanya di Bandung: Ada Tamannya

28 January 2022Dimas Galih W.

Mungkin OPPO eXperience Store merupakan toko smartphone dan IoT ternyaman yang ada di Indonesia saat ini

Membuka toko yang temanya itu-itu saja mungkin akan membosankan semua pengunjung yang mungkin datang. Oleh karena itu, sepertinya OPPO ingin mengubah cara agar konsumen bisa datang dan membeli produknya dengan lebih mudah dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan membuka OPPO eXperience Store yang pertama di Indonesia dan terletak di Bandung, tepatnya di Istana BEC Bandung. OPPO mengundang Hybrid.co.id untuk hadir dalam peresmiannya pada tanggal 27 Januari 2022.

“Hari ini kami meresmikan OPPO eXperience Store Bandung yang terletak di Bandung Electronic Center (BEC) lantai LG. Toko seluas 188 m2 akan terdiri dari tiga bagian utama yang mengedepankan area untuk konsumen dapat mencoba produk-produk terbaru OPPO Indonesia, area kolaborasi yang akan terdiri dari beberapa ekosistem perangkat cerdas yang sesuai dengan perangkat OPPO, dan area konsultasi produk yang dibuat nyaman untuk pengunjung bisa mendapatkan informasi mendalam mengenai produk sekaligus menjadi area yang ramah untuk bermain anak-anak,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Tentunya, OPPO eXperience Store memiliki desain yang berbeda dari OPPO Store biasa. OPPO eXperience Store memiliki ruang yang lebih luas, sekitar dua kali lipat, dibandingkan dengan OPPO Store pada umumnya. Uniknya, OPPO eXperience Store tidak hanya menjual produk dari OPPO saja, melainkan juga dari produsen lain seperti DJI, OLike, dan lainnya.

Area pelayanan pada OPPO eXperience Store terbagi atas tiga area. Pertama dinamakan The Prime, area di mana pengunjung bisa mendapatkan berbagai macam produk terbaik OPPO mulai dari perangkat flagship OPPO Find X series, OPPO Reno series, dan OPPO A series. Area kedua disebut The X menjadi area kolaborasi yang terletak di tengah eXperience Store berbentuk huruf X karena menggabungkan smartphone OPPO dengan produk IoT seperti TWS Enco, OPPO Watch, dan OPPO Band.

Area terakhir adalah The Park, sebuah area yang memiliki desain taman dengan pepohonan serta meja untuk bekerja dan sebagai tempat ruang tunggu. Pada area ini, pengunjung juga bisa bermain konsol PS5 yang sudah disediakan selagi melihat-lihat produk-produk yang tersedia di sana. Dengan adanya berbagai area ini, OPPO eXperience Store nantinya tidak sekadar menjadi tempat untuk menemukan teknologi terbaru OPPO namun sekaligus sebagai wadah kolaborasi berbagai merek dan komunitas di Bandung.

“Tentunya, harapan kami ke depan dapat mengembangkan toko sejenis di kota-kota besar di Indonesia dengan tujuan agar konsumen semakin nyaman dengan pelayanan OPPO, terutama memperoleh pengalaman dalam mendapatkan informasi mengenai produk dan teknologi terbaru kami,” tutup Aryo.

Apakah akan memasukkan semua merek untuk IoT?

Pada saat berkunjung ke OPPO eXperience Store, saya melihat cukup banyak perangkat dengan merek selain OPPO. Saya melihat produk Gimbal dari DJI, Action Camera, smartwatch dari OLike, dan lain sebagainya. OPPO pun juga berencana untuk memasukkan beberapa produk merek lain di eXperience Store. Namun apa syarat agar merek lain bisa ditemukan pada OPPO eXperience Store?

Aryo mengatakan bahwa semua barang yang ada pada OPPO eXperience Store intinya harus kompatibel dengan perangkat OPPO. Semua produk yang ada di OPPO eXperience Store sudah diuji kompatibilitasnya dengan smartphone OPPO, sehingga konsumen bisa langsung menggunakannya bersamaan dengan perangkat OPPO. Toko ini juga terbuka sebagai tempat untuk berkonsultasi bagi konsumen yang masih bingung mengenai kompatibilitas smartphone OPPO dengan AIoT di luar merek OPPO.

Hal ini dikarenakan bukan pertama kalinya OPPO menggunakan IoT pihak ketiga. OPPO juga telah membuka toko serupa di Tiongkok dan merekomendasikan penggunaan speaker seperti dari Bose. Yang pasti, pihak OPPO nantinya akan merekomendasikan perangkat terbaik untuk para konsumen OPPO.

Kolaborasi dengan merek lokal?

Dari semua perangkat yang ada pada OPPO eXperience Store di Bandung tersebut, saya melihat sebuah tempat kecil dengan merek U&KL. Merek tersebut diketahui merupakan salah satu UMKM lokal yang berasal dari Bandung. Ternyata, OPPO juga membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan brand-brand lokal.

Aryo mengatakan bahwa kolaborasi dengan merek lokal sangat terbuka. Akan tetapi, tentu saja material serta kualitas yang ada harusnya yang terbaik. Namun untuk OPPO eXperience Store Bandung, tentu akan melakukan prioritas lebih tinggi terhadap UMKM dan seniman yang ada di Bandung terlebih dahulu. Dan untuk UMKM yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan OPPO, Aryo mengatakan OPPO tentu akan menyediakan ruang dan program bagi UMKM mana pun yang tertarik.

Aryo juga mengatakan bahwa nantinya OPPO akan melakukan berbagai macam activity agar toko baru tersebut lebih ramai. OPPO bahkan tidak mengharuskan orang yang datang ke OPPO eXperience Store untuk langsung membeli produk yang ada. Yang penting, orang bisa masuk ke toko dan merasakan kenyamanan yang ada di OPPO eXperience Store.

Saya sendiri cukup terkesan dengan kenyamanan dari OPPO eXperience Store yang ada di Bandung. Sayang memang, jarak rumah saya ke BEC terpaut 150 KM sehingga tidak bisa langsung datang ke sana. Semoga saja, OPPO membuka toko serupa di Jakarta agar konsumen bisa merasakan nyamannya membeli smartphone OPPO Find, Reno, dan A series pada OPPO eXperience Store.

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV