Dark
Light

Opera Unite : Web Browser + Web Server

1 min read
June 16, 2009

Opera, yang beberapa hari lalu mampir ke Indonesia dan kebetulan saya juga sempat berbincang-bincang dengan beberapa anggota tim Opera Software di FKI dan FreSh semalam, merilis sebuah fitur terbaru untuk browser Opera 10. Fitur yang sudah tersebar buzz-nya kemana-mana ini dinamakan Opera Unite. Opera bahkan mengklaim bahwa fitur ini sebagai “re-invention the internet”.

Opera Unite ini adalah sebuah fitur yang menempatkan Opera sebagai web browser dan juga web server. Jadi browser Opera ini nantinya tidak hanya mampu untuk digunakan menjelajahi internet, namun juga dapat digunakan untuk meng-host berkas-berkas yang ada di komputer anda untuk diakses via internet. Tentunya dari sisi keamanan privasi data pengguna juga dijamin aman oleh Opera.

Di Opera 10 -yang sekarang masih beta- anda akan dimampukan untuk men-share berkas-berkas seperti dokumen, foto, komunikasi dengan pengguna lain, dan bahkan menjadi web-host langsung dari komputer anda.

Lalu, apakah ini berarti Opera akan membunuh bisnis web-host? Tidak juga. Untuk memiliki web-host yang benar-benar dapat diandalkan tentu ada banyak faktor seperti bandwith yang stabil, security yang tangguh, backup data, UPS untuk sumber daya listrik cadangan, dan lain-lain. Opera Unite tidak akan ingin merubah hal tersebut, melainkan hanya memberikan alternative solusi sederhana yang memang terkadang kita butuhkan dalam rangka berbagi via internet. Dengan fitur ini kita memiliki kontrol sepenuhnya atas berkas apapun yang kita miliki dan kita bagi di internet.

Tertarik untuk mencoba Opera Unite, silahkan download disini (Windows, Linux, Mac).

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

4 Comments

  1. Aku baru saja mencoba aplikasi Fridge di Unite. Nothing special. But you get this warm feeling in your tummy because you know you left the note directly on other user machine. It feels so personal.

  2. Aku baru saja mencoba aplikasi Fridge di Unite. Nothing special. But you get this warm feeling in your tummy because you know you left the note directly on other user machine. It feels so personal.

  3. hm…koq kebalikannya cloud computing gini yah?
    ton, apa ga seharusnya malah takut filenya cuma ada di komputer kita sendiri? kalo dicuri, kalo listrik mati, kalo harga listrik naik, kalo lupa nyalain komputer, kalo tiba2 restart sendiri terus ga ngebuka servernya langsung…kalo .. kalo …

  4. hm…koq kebalikannya cloud computing gini yah?
    ton, apa ga seharusnya malah takut filenya cuma ada di komputer kita sendiri? kalo dicuri, kalo listrik mati, kalo harga listrik naik, kalo lupa nyalain komputer, kalo tiba2 restart sendiri terus ga ngebuka servernya langsung…kalo .. kalo …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

5 Tahun Kampung Gajah

Next Story

MySpace Rumahkan 30% Karyawannya

Latest from Blog

Don't Miss

Opera Web3 Guard

Opera Luncurkan Fitur Perlindungan dari Jebakan Web3

Perkembangan Web3 memang membuka banyak potensi baru bagi para pengguna

Opera Akuisisi Pengembang Engine GameMaker dan Dirikan Divisi Opera Gaming

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, Opera meluncurkan sebuah browser unik