Dark
Light

Opera Rilis Versi Alpha Pertama dari Opera 11

2 mins read
October 25, 2010

Akhir minggu kemarin, Opera merilis versi alpha pertama dari peramban desktop mereka Opera 11. Peramban ini merupakan peramban Opera pertama yang mendukug ekstensi. Selama ini, Opera (versi stabil terakhir Opera 10.63) menjadi salah satu peramban yang belum mendukung adanya ekstensi pada peramban mereka.

Seperti yang dijelaskan pada blog resmi mereka, Opera Extensions ini memungkinkan para pengguna untuk menambahkan fungsi baru ada peramban Opera, saat ini baru tersedia 15 ekstensi untuk Opera 11, sedikit memang, tetapi karena masih versi alpha, koleksi ekstensi ini berfungsi sebagai uji produk serta untuk menarik para pengembang untuk ikut serta mengembangkan berbagai ekstensi lain. Para pengembang bisa membuat ekstensi menggunakan HTML5, CSS, dan JavaScript serta dukungan APIs dari Opera.

Opera juga telah memiliki katalog untuk berbagai ekstensi yang mereka miliki untuk memudahkan pengguna dalam mencari fungsi tambahan yang ingin mereka dapatkan untuk peramban mereka. Untuk melakukan instal ekstensi ini, caranya hampir mirip dengan menambahkan ekstensi pada peramban Chrome. Pengguna tinggal menuju ke halaman situs katalog ekstensi, pilih ektensi mana yang akan ditambahkan ke peramban, kemudian akan ada kotak jendela baru, setelah melakukan klik ‘install’ maka ekstensi telah terpasang di Opera 11 Anda. Tidak sepeti Firefox, pengguna tidak perlu melakukan reboot peramban untuk mengaktifkan ekstensi.

Posisi ekstensi ini akan muncul di bagian pojok kanan atas, dibawah visual tabs. Saya mencoba menambahkan beberapa ekstensi, prosesnya cukup cepat, beberapa ekstensi yang saya coba antara lain, Google Reader serta Facebook berjalan lancar dan cukup cepat.

Beberapa keunggulan lain yang dipersiapkan Opera untuk rilis resmi dari Opera 11, yang juga telah bisa dinikmati di versi alpha pertama ini antara lain yang berakitan dengan kecepatan. Opera memang menjadi salah satu peramban tercepat yang ada dipasaran, jika didasarkan para uji kecepatan yang dilakukan Opera, kecepatan peramban ini berada sedikit diatas Google Chrome. Selain itu pada Opera 11 ini terdapat fitur mail panel yang memungkinkan Anda untuk membuat folder yang memudahkan dalam pengaturan mail serta feeds Anda.

Selain itu, Opera juga menambahkan bookmarks bar baru, yang menggantikan personal bar. Fitur ini berguna untuk menempatkan bookmark favorit Anda untuk kemudahan dan kecepatan akses. Opera 11 juga mendukung teknologi web terbaru, seperti HTML5 dan websockets.

Opera 11 memang fokus pada dukungan peramban ini atas ekstensi, dan fasilitas ini menambah beberapa fasilitas yang telah ada pada peramban Opera versi sebelumnya seperti Opera Link untuk melakukan sinkronisasi data dari berbagai komputer dan perangkat lain, kemudian Opera Turbo yang berguna jika jaringan koneksi internet lambat, Opera akan mempercepat proses browsing dengan melakukan kompresi halaman web sebelum menggunduhnya. Kemudian fasilitas Opera Unite yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto, musik serta lainnya dengan pengguna lain langsung dari komputer Anda.

Serta salah satu fasilitas favorit saya Mouse Gentures. Bagi Anda yang menggunakan tetikus saat mengakses laptop atau komputer dekstop, fitur Mouse Gestures dari Opera ini bisa menjadi salah satu pilihan dalam melakukan berbagai perintah pintas dalam menjelajah web.

Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa gerakan pada tetikus Anda yang berfungsi untuk melakukan navigasi pada peramban, misalnya Anda cukup melakukan klik kanan pada tetikus Anda di halaman web yang sedang Anda buka, tahan kemudian menggeser ke kiri tetikus untuk memindahkan halaman web yang sedang Anda lihat ke halaman sebelumnya, atau klik kanan, tahan kemudian geser tetikus ke bawah untuk membuka tab baru para peramban Opera Anda. Untuk lebih lengkap bisa di cek pada tautan ini.

Rilis versi terbaru serta kecepatan dalam mengembangkan peramban tidak hanya dilakukan oleh Opera, penyedia layanan peramban terus melakukan perbaikan dan rilis terbaru atas layanan mereka, Firefox yang mempersiapkan Firefox 4 serta Google yang akan segera merilis versi beta dari Chrome 8 (saat ini versi stabil adalah Chrome 7).

Opera 11 versi alpha yang pertama ini bisa diunduh pada tautan berikut, dan bagi Anda para pengembang yang tertarik untuk membuat ekstensi untuk Opera 11 bisa melihatnya pada tautan ini. Katalog ekstensi Opera bisa dilihat di tautan ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

TweetDeck Luncurkan Localisation Preview, Termasuk Terjemahan Bahasa Indonesia

Next Story

Ngomik Ubah Tampilan dan Tambahkan Aplikasi Java

Latest from Blog

Don't Miss

Opera Web3 Guard

Opera Luncurkan Fitur Perlindungan dari Jebakan Web3

Perkembangan Web3 memang membuka banyak potensi baru bagi para pengguna

Opera Akuisisi Pengembang Engine GameMaker dan Dirikan Divisi Opera Gaming

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, Opera meluncurkan sebuah browser unik