Dark
Light

Opera Menjalin Kerjasama Dengan Telkomsel

1 min read
February 18, 2010

Opera kembali membuat publik tanah air berbunga-bunga, setelah memberi ‘hadiah’ dengan meluncurkan situs resmi dengan fitur bahasa Indonesia, salah satu browser mobile paling populer ini mengumumkan sebuah perkembangan yang patut ditempel terus.

Opera kini bekerjasama dengan Telkomsel, kerjasama seperti apa yang akan dilakukan? Menurut situs resminya, Opera dan Telkomsel akan membangun kerjasama stategis meliputi pendistribusian Opera Mini yang akan dibuat khusus untuk optimalisasi para pengguna Telkomsel, kemudian akan ada Opera Mini yang dikustomasi untuk Telkomsel termasuk didalamnya perubahan di toolbar, billing integration, home-page content dan masih banyak lagi.

Sampai disini, saya menarik nafas, akan jadi apa nantinya Opera Mini khusus untuk para user Telkomsel ini?

Sepertinya memang proses kerjasama yang dilakukan Opera dan Telkomsel di Barcelona dalam acara Mobile Word Congress ini baru sebatas teken kontrak, dan belum ada semacam screenshoot seperti apa aplikasi ‘Opera Telkomsel’ ini jadinya, terus terang saya penasaran sekali, karena seperti kita tau, pengguna Indonesia adalah pengguna terbesar kedua untuk Opera Mini dan Telkomsel memiliki 82 million customer, bisa-bisa ini akan merubah perilaku dalam cara user mengakses internet.

Di berita rilisnya, kedua perusahaan ini saling memuji atas keberhasilan serta cakupan pasar masing-masing dan
teklologi yang telah dikerjakan oleh dua perusahaan ini, ibarat nikah, pendekatan mereka telah diresmikan, dan
akan memasuki masa bulan madu.


Bagi saya kerjasama ini memang memberikan peluang yang besar bagi kedua perusahaan ini untuk berkembang, Opera tidak akan mungkin melepas pangsa pasar Indonesia dan akan terus memberikan value tambahan bari user di sini, ditambah pula dengan munculnya berbagai smartphones yang membawa browser mereka sendiri, seperti Windows Phone yang baru saja diluncurkan, belum lagi Google Phone dengan Android-nya dan tentu saja iPhone, meski untuk yang terakhir, Opera mencoba untuk ikut masuk dalam persaingan browser mobile di iPhone. Jadi mereka butuh untuk terus tumbuh, dan salah satu sasarannya adalah pengguna Indonesia yang sangat akrab dengan Opera Mini, dan pengguna smartphones tidak sebanyak pengguna ponsel menengah ke bawah.

Sedangkan Telkomsel juga terus dihadapkan dengan persaingan antar provider yang kini memasuki babak baru, setelah SMS gratis dilarang, sebagai market leader tentu saja Telkomsel terus memacu inovasi, dan sepertinya kerjasama dengan Opera ini adalah salah satunya.

Sambil menunggu perkembangan lebih lanjut dari kerjasama ini, saya jadi penasaran untuk mendengar pendapat para pembaca DailySocial atas berita kerjasama ini, jangan lupa untuk share pendapatnya di kolom komentar.

Foto diambil dari My Opera

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Melirik Dunia Perempuan di Wolipop

Next Story

Twiterus Luncurkan Situs Mobile

Latest from Blog

Don't Miss

Modem 4G Telkomsel Orbit Star N2 Dapat Terhubung 32 Perangkat dengan Kecepatan 15Mbps

Modem 4G Baru Telkomsel Orbit Star N2 Dapat Terhubung 32 Perangkat, Kecepatannya 15Mbps

Kebutuhan akan koneksi internet yang cepat di rumah semakin meningkat.
Opera Web3 Guard

Opera Luncurkan Fitur Perlindungan dari Jebakan Web3

Perkembangan Web3 memang membuka banyak potensi baru bagi para pengguna