12 January 2016

by Glenn Kaonang

Opera Max Sudah Mendukung Netflix, Hemat Kuota Data Hingga 60 Persen

Pengguna dapat menonton satu film ekstra dengan jumlah kuota data yang sama

"Netflix and chill," begitu kata mayoritas netizen tanah air ketika sang layanan streaming film resmi hadir pada tanggal 7 Januari kemarin. Tapi menurut saya tidak chill jadinya kalau kuota data smartphone langsung tersedot habis begitu saja. Buat yang di rumahnya berlangganan internet kabel, tidak ada masalah. Namun buat yang tidak, mereka terkadang harus mengerem hasrat untuk menonton.

Memangnya seberapa banyak data yang dikonsumsi oleh Netflix? Menurut kisaran Netflix sendiri, video dengan resolusi terendah saja bisa menghabiskan sekitar 300 MB per jam. Untuk resolusi SD, angkanya naik jadi 700 MB. Lalu jika Anda memilih resolusi HD, sebanyak 3 GB data per jamnya akan habis. Benar-benar sebuah malapetaka buat yang tidak berlangganan internet kabel.

Akan tetapi berlangganan internet kabel bukanlah satu-satunya opsi yang bisa dilakukan demi menikmati Netflix tanpa khawatir kuota data bocor dengan cepat. Solusi lain bisa dengan menggunakan aplikasi Opera Max. Yup, baru-baru ini Opera mengumumkan bahwa aplikasi penghemat datanya tersebut sudah mendukung Netflix.

Hal ini berarti pengguna Opera Max sejatinya dapat menghemat penggunaan datanya saat menikmati konten di Netflix hingga sekitar 60 persen. Kalau dihitung rata-ratanya, pengguna Opera Max bisa menonton satu film ekstra dengan jumlah kuota data yang sama.

Jadi lengkap sudah; kalau Anda gemar streaming musik dan ingin menghemat, Opera Max siap menolong. Demikian pula buat yang doyan streaming film di Netflix sekarang. Bagi pelanggan Netflix yang menggunakan smartphone Android, silakan unduh Opera Max langsung lewat Google Play.