Dark
Light

Opera Hadirkan Peramban Terbaru, Versi 15

by
1 min read
July 3, 2013

Setelah sebelumnya tersedia dalam versi Opera Next atau beta, kini peramban versi terbaru dari Opera telah dirilis dan siap diunguh oleh pengguna.

Opera versi terbaru atau Opera 15 ini telah tersedia untuk pengguna Windows dan Mac. Versi final ini telah menggunakan mesin baru yaitu Chromium, yang terasa jauh lebih ringan dari versi sebelumnya serta dukungan atas kompatibilitas akses berbagai situs yang telah ditingkatkan.

Seperti yang telah tersedia pada versi Opera Next, fitur unggulan yang ada di Opera terbaru ini antara lain Speed Dial, fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur situs yang sering Anda akses atau situs yang Anda sukai dalam satu tempat. Anda bisa membuat beberapa alamat dalam satu folder sesuai dengan kategori yang Anda inginkan.

Kemudian ada fitur Stash, semacam fasilitas bookmark, namun perbedaannya dengan bookmark adalah jika bookmark hanya menyimpan URL maka Stash akan menyimpan screenshot dan teks dari halaman yang sedang Anda kunjungi, jadi memudahkan jika ingin melihat gambar atau video. Stash akan dikelompokkan pada area tertentu yang bisa diakses pada menu bagian atas.

Satu lagi fitur yang tersedia di peramban Opera, yang akan menjadi favorit saya, adalah Discover. Fitur ini menghadirkan pilihan konten terbaru yang ditampilkan oleh Opera dari berbagai sumber. Anda bisa menjelajah berbagai kategori sesuai preferensi kita, serta ada pula pilihan bahasa dan negara yang berbeda-beda. Jadi jika ingin mendapatkan update informasi yang ada di web, Anda bisa menggunakan fitur ini.

Selain di atas, Opera juga menyediakan Extension yang bisa dipilih oleh pengguna serta fasilitas Themes, yaitu gambar latar belakang yang bisa ditambahkan pengguna.

Oh ya hampir lupa, Opera yang terbaru ini, layaknya versi mobile (Android), juga memiliki off-road mode, yang berguna bagi pengguna dengan akses internet kurang baik. Fitur kompresinya akan membuat halaman bisa diakses lebih cepat meski dengan akses internet terbatas. Fitur ini bisa diakses dari menu utama Opera.

Opera 15 untuk Windows dan Mac telah bisa diunduh lewat situs resmi Opera. Versi yang sekarang ini tidak auto-update jadi Anda harus mengunduh untuk menikmat versi terbaru. Dalam pengumuman di blog mereka, Opera juga mengatakan bahwa rilis versi terbaru ini baru permulaan, akan ada fitur dan perkembangan terbaru yang akan dirilis secara reguler.

Anda sudah coba Opera versi terbaru? Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Cara Kirim Pesan Video ke Kontak Offline di Skype

Next Story

Yahoo! “Belanja” Lagi, Kali Ini Beli Qwiki Untuk Saingi Instagram dan Vine

Latest from Blog

Don't Miss

Integrasi AI pembuat gambar pada Microsoft Edge

Microsoft Edge Kini Dilengkapi Sistem AI Pembuat Gambar

Microsoft terus menyematkan kecanggihan AI ke berbagai produknya. Februari lalu,
Microsoft dan Intel buat alat upscaling video

Microsoft dan Intel Buat Alat Upscaling Videonya Sendiri

Perkembangan teknologi video online kini mulai memanas, terutama sejak Google