Dark
Light

OpenAI Umumkan SearchGPT, Mesin Pencarian Berbasis AI

by
1 min read
July 30, 2024

Perkembangan OpenAI di dunia teknologi memang sangat pesat, setelah meraih kesuksesan besar lewat chatbot ChatGPT. Kini OpenAI mulai mengintai Google dengan mengumumkan kehadiran mesin pencarian berbasis AI terbaru mereka yang diberi nama SearchGPT.

SearchGPT merupakan mesin pencarian berbasis AI yang didukung oleh lini model GPT-4. Mesin pencari ini nantinya akan mengumpulkan informasi dari seluruh dunia maya dan merangkumnya untuk disajikan untuk para penggunanya.

Namun berbeda dari mesin pencarian pada umumnya yang hanya akan mendaftar link atau tautan berdasarkan kata kunci yang dicari, SearchGPT juga akan berusaha mengatur hasil pencarian untuk lebih relevan dan dianggap sesuai untuk penggunanya.

Layaknya ChatGPT, pengguna juga dapat melakukan proses pencarian bertingkat dengan menuliskan pertanyaan lanjutan di kolom sidebar. SearchGPT telah memahami perintah konstektual, sehingga pertanyaan ditanyakan bisa lebih spesifik sesuai kata kunci pencarian.

Selain jawaban berupa rangkuman jawaban dan tautan ke situs yang berkaitan, SearchGPT juga dapat memberikan hasil pencarian berupa gambar, video, dan bahkan grafik. Meskipun tidak diketahui secanggih apa fitur pencarian gambar dan video tersebut.

OpenAI menyebutkan bahwa layanan SearchGPT mereka tengah bekerja  dengan partner pihak ketiga. Kerja sama ini bertujuan untuk membangun basis data menggunakan “direct content feed” untuk membangun hasil pencarian agar lebih akurat.

Dalam Sebuah wawancara, CEO The Atlantic mengatakan bahwa pencarian AI ini bisa dikembangkan dengan bekerja sama dengan para penerbit konten dan jurnalisme.

Saat ini, layanan SearchGPT ini masih dalam fase pengujian prototipe dan terbatas hanya untuk 10.000 pengguna yang mendapat hak untuk menguji layanannya. Kabar baiknya, OpenAI membuka daftar tunggu sehingga orang yang berminat bisa ikut mendaftar.

Meskipun belum diumumkan, namun kemungkinan besar SearchGPT akan menggunakan model bisnis seperti ChatGPT ketika dirilis luas. Namun belum dijelaskan apakah SearchGPT versi berbayar ini sudah masuk ke dalam langganan ChatGPT Plus atau akan terpisah.

Ke depannya, OpenAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dari SearchGPT. Terutama dalam hasil pencarian yang lebih spesifik seperti informasi lokal dan perdagangan. Mereka juga berencana untuk mengumpulkan feedback dari pengguna yang telah mencoba layanannya.

bedah-sistem-kamera-smartphone-1
Previous Story

Bedah Sistem Kamera Smartphone dan Cara Optimalkan Fitur Canggihnya

Next Story

Review OPPO A3 Pro 5G: Tangguh dan Tahan Banting

Latest from Blog

Don't Miss

Manusia dengan AI akan gantikan manusia tanpa AI

Bukan AI Sendirian, Manusia dengan AI yang Akan Gantikan Manusia Tanpa AI

Melihat kapabilitas AI seperti ChatGPT atau Midjourney, tidak berlebihan kalau
Apa yang terjadi ketika AI dilatih menggunakan data sintetis bikinan AI?

Bisakah AI Dilatih dengan Data Sintetis yang Dibuat oleh AI Lain?

Penggunaan generative AI terus bertambah populer setiap harinya. Dewasa ini,