5 July 2021

by Glenn Kaonang

OnePlus Bakal Sinergikan OxygenOS dengan ColorOS

OxygenOS dan ColorOS masih akan hadir sebagai sebuah entitas tersendiri, hanya saja kedua sistem operasi bakal menggunakan satu codebase yang sama

Pertengahan Juni lalu, OnePlus mengumumkan keputusannya untuk merger dengan OPPO. Sebelumnya, relasi di antara kedua perusahaan ini memang sudah cukup dekat, terutama jika melihat fakta bahwa keduanya berada di bawah satu konglomerasi yang sama. Namun dengan adanya keputusan resmi seperti ini, OnePlus pada dasarnya jadi bisa menyinergikan banyak hal dengan OPPO.

Dalam pengumumannya, Pete Lau selaku CEO OnePlus menjelaskan bahwa salah satu dampak positif dari keputusan merger ini adalah kemudahan untuk menghadirkan pembaruan perangkat lunak yang lebih stabil secara lebih cepat bagi OnePlus. Hal itu rupanya bakal diwujudkan dengan cara melebur OxygenOS dan ColorOS.

Menurut OnePlus, proses peleburannya bakal terjadi di belakang layar. Kedua sistem operasi pada dasarnya masih akan hadir sebagai sebuah entitas tersendiri โ€” OxygenOS untuk perangkat OnePlus (kecuali di Tiongkok), ColorOS untuk perangkat OPPO โ€” hanya saja keduanya bakal menggunakan satu codebase atau fondasi yang sama.

Tujuan yang hendak dicapai adalah meningkatkan efisiensi sekaligus menciptakan semacam standardisasi atas software yang digunakan oleh kedua perusahaan. Saya tidak akan terkejut apabila ke depannya OxygenOS bakal menghadirkan fitur-fitur unggulan milik ColorOS, demikian pula sebaliknya.

Meski demikian, OnePlus memastikan bahwa konsumennya kemungkinan besar tidak akan menemukan adanya perbedaan pasca peleburan OxygenOS dan ColorOS. Hal ini bisa diartikan bahwa OnePlus tidak berniat mengubah tampilan OxygenOS menjadi seperti ColorOS.

Lebih penting lagi, OnePlus juga menjanjikan dukungan software update yang lebih baik lagi berkat perubahan ini. Untuk ponsel-ponsel flagship-nya, OnePlus menjanjikan tiga pembaruan besar Android dan rentetan security update sampai 4 tahun lamanya, tidak kalah dibanding komitmen yang diberikan Samsung. Sayangnya ini cuma berlaku untuk seri OnePlus 8 ke atas.

Produk-produk kelas mid-range dan entry-level OnePlus pun juga bakal terkena imbas positif. Seri Nord bakal menerima dua pembaruan besar Android, sedangkan seri Nord N bakal kebagian setidaknya satu pembaruan besar Android, plus security update hingga 3 tahun untuk keduanya.

Sumber: Engadget dan OnePlus.