Dark
Light

Office Mix: Membuat Konten e-Learning dengan PowerPoint

1 min read
May 11, 2014

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, sektor pendidikan pun juga mulai beranjak ke era yang lebih maju. Salah satunya adalah dengan diimplementasikannya sistem e-Learning di banyak instansi pendidikan, baik formal maupun informal.

Model e-Learning tradisional hanya memanfaatkan portal website sebagai sebuah repositori penempatan bahan ajar digital oleh guru untuk peserta didik.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi e-Learning berkembang, tidak hanya sebagai sebuah repositori, namun juga menyulap bahan ajar menjadi konten yang lebih interaktif, seperti konten pembelajaran yang dibuat dalam format SCORM.

 

Info menarik: Sonic PDF Creator, Aplikasi Pembuat Dokumen PDF Serba Lengkap

 

Pembuatan bahan ajar dengan format SCORM dirasa cukup sulit untuk direlasisaikan guru-guru yang hendak menggunakan e-Learning. Keadaan itu ditanggapi baik oleh Microsoft dengan menciptakan sebuah inovasi melalui salah satu varian Microsoft Office, yaitu PowerPoint. Kini pengguna Microsoft Office PowerPoint 2013 dimudahkan untuk membuat bahan ajar digital untuk materi di e-Learning.

Office Mix merupakan sebuah tools tambahan yang dapat dipasang ke komputer untuk memberikan PowerPoint kemampuan memproduksi bahan ajar digital yang interaktif. Saat ini Office Mix baru tersedia dalam versi Customer Preview dan dapat diunduh gratis melalui alamat mix.office.com. Tools ini hanya bisa berjalan dengan menggunakan Microsoft Office versi 2013.

Dengan Office Mix, pengguna komputer yang sudah terbiasa membuat slide PowerPoint akan sangat mudah beradaptasi dengan tools ini. Proses pembuatan bahan ajar digital hampir sama dengan ketika pengguna menggunakan PowerPoint untuk membuat suatu bahan presentasi.

Mulai dari menampilkan slide materi berupa text, animasi hingga video. Selain itu Office Mix juga memungkinkan penggunanya untuk membuat suatu rekaman yang dapat diimplementasikan untuk menjelaskan materi yang akan di sampaikan ke siswanya.

 

Info menarik: Adobe Voice Mendarat di App Store, Aplikasi Presentasi Dengan Dukungan Suara dan Gambar

 

Dukungan untuk membuat konten yang interaktif juga dimiliki Office Mix, sehingga pengguna dapat menciptakan bahan ajar yang mampu membuat siswa-siswinya lebih aktif, seperti membuat materi dengan simulasi atau kegiatan interaktif lain. Materi yang dibuat juga dapat ditambahkan dengan evaluasi. Dukungan ini memanfaatkan fitur baru Office 2013, yaitu Office Apps.

Pengguna yang hendak menambahkan suatu fungsi dalam media pembelajaran, misalnya kuis pilihan ganda, maka ia dapat mengunduh Apps yang memiliki fungsi evaluasi pilihan ganda terlebih dulu melalui Office Store.

Inovasi ini tentunya akan sangat mempermudah guru dalam mengembangkan bahan ajar yang interaktif yang mudah dibagikan ke siswanya dengan memanfaatkan Internet.

Semoga dengan semakin berkembangnya teknologi pembelajaran, Internet semakin dapat dimaksimalkan anak-anak untuk kegiatan yang lebih positif, dalam hal ini belajar.

Gambar: Office Mix.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Game Android Pilihan 5 – 10 Mei 2014

Next Story

Tips Menjadikan Game Featured di App Store

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft akan Hentikan Dukungan Aplikasi Office pada ChromeOS

Pada Chromebook yang ada saat ini sudah terdapat Google Play

Microsoft Word Kini Bisa Buatkan Transkrip Audio Secara Otomatis

Tahun demi tahun, Microsoft terus konsisten menambahkan berbagai fitur pintar