23 January 2015

by Yoga Wisesa

Nvidia Ungkap GeForce GTX 960 Buat Penuhi Kebutuhan Gaming Kompetitif

Disebut oleh sang pembuatnya sebagai keajaiban teknik, arsitektur Maxwell dalam chip grafis Nvidia mengedepankan efisiensi sekaligus performa. Generasi terbarunya pertama kali mendarat sebagai GPU mobile untuk notebook, kemudian diperkenalkan ke desktop melalui varian high-end GTX 980 dan GTX 970. Kita tahu, versi mainstream-nya hanya tinggal menunggu waktu.

Baru saja, Nvidia meluncurkan kartu grafis Maxwell ke khalayak lebih banyak. Mengikuti para pendahulunya - GTX 760, GTX 660 dan GTX 560 - diungkaplah GeForce GTX 960. GPU ini sengaja ditargetkan untuk menjadi produk mainstream, berada di titik ekuilibrium antara harga dan performa. Ia sempurna pagi mayoritas gamer PC, dan juga para antusias eSport serta gaming kompetitif. Tapi jangan biarkan kata 'mainstream' mengelabui Anda.

Satu hal yang jelas, GTX 960 mampu menyikat judul-judul game terbaru tanpa kesulitan di opsi setting tinggi dan resolusi full-HD. Dengan memasangkannya di PC (tentu dikombinasi dukungan hardware lain), sistem Anda mempunyai tenaga komputasi berkali-kali lebih besar dari home console. Berkat keterjangkauan harganya, upgrade ke teknologi grafis anyar kini lebih terjangkau.

Di lini komputer personal, permainan-permainan paling populer merupakan judul-judul yang tidak terlalu menuntut tenaga. Anda tidak butuh GPU tercanggih buat menikmat Dota 2, CS:GO atau League of Legends, namun bermain dengan nyaman di resolusi dan tingkat ketajaman visual tinggi sudah pasti mempengaruhi prestasi, memberikan keunggulan dari lawan.

 

Info menarik: Renovo Coupe, Mobil Muscle Full Elektrik Berbekal Chip Nvidia

 

Sebuah sentuhan cantik Nvidia terapkan dalam GTX 960. Via teknologi downscaling, GPU akan me-render permainan di resolusi 4K, mengubahnya ke 1080p (full-HD) dan menyuguhkannya untuk Anda. Hasil visual jadi jauh lebih mulus dan tajam dibanding metode render 1080p biasa. Selain menarik buat para gamer MOBA, GPU dapat menjadi alternatif bagi kita yang ingin merakit PC kecil nan hening, namun bertenaga.

Dibanding kedua abangnya, jumlah transistor di GeForce GTX 960 terbilang kecil, 'hanya' 2,84 miliar buah. Ia tak cuma diusung untuk menggantikan GTX 760, tapi juga beberapa model lebih tua semisal GTX 660. Membahas tipe spesifik ini, Nvidia memperkirakan dua dari tiga gamer PC masih memanfaatkannya dalam menikmati video game.

Pemberian harga akan menjadi faktor paling esensial. Nvidia berencana untuk menjualnya di kisaran US$ 210, tergantung siapa pemasoknya (MSI telah menyiapkan versi Gaming 2G dan overclock 2GD5T). Artinya, ia akan berduel langsung dengan ATI Radeon R9 285 di kelas 1080p...

Sumber: GeForce.com.