13 April 2023

by Lukman Azis

Nvidia Umumkan GeForce RTX 4070, Kartu Grafis Desktop Seri RTX 40 Paling Terjangkau

Dibangun pada arsitektur Ada Lovelace AD104 dan menjanjikan performa setara dengan RTX 3080 dengan konsumsi daya hanya setengahnya

Nvidia telah memperkenalkan GPU GeForce RTX 4070. Kartu grafis desktop seri RTX 40 paling terjangkau dengan harga mulai dari US$599 (sekitar Rp8,8 juta) dan akan tersedia pada 13 April. Ia menjanjikan performa yang kurang lebih setara dengan RTX 3080, dengan konsumsi daya hanya setengahnya.

Dibangun pada arsitektur Ada Lovelace AD104 terbaru Nvidia, ukuran GPU ini lebih kecil sehingga dapat muat di sebagian besar casing. Meski begitu, GeForce RTX 4070 sudah menyertakan memori berkapasitas lebih besar yakni 12GB GDDR6X.

Hal ini penting, mengingat game-game anyar yang dijalankan pada resolusi 1080p dan 1440p sekarang akan menghabiskan 8GB atau lebih. Sebagai pembanding, model sebelumnya RTX 3070 dan RTX 3070 Ti hanya dibekali memori 8GB.

Selain itu, RTX 4070 dilengkapi teknologi DLSS 3 neural rendering dan real-time ray-tracing yang mampu menjalankan sebagian besar game modern dengan kecepatan lebih dari 100fps pada resolusi tinggi 1440p.

Menurut Nvidia, berkat dukungan teknologi DLSS 3, game terbaru seperti A Plague Tale: Requiem, Dying Light 2, Microsoft Flight Simulator, Warhammer 40.000: Darktide, dan sejumlah judul berat lainnya dapat berjalan di lebih dari 100fps. Juga termasuk game populer seperti Battlefield 2042, Call of Duty: Modern Warfare II dan Marvel's Guardians of the Galaxy yang mendukung DLSS 2.

Dengan DLSS 3, pembuatan bingkai bertenaga AI menciptakan bingkai baru berkualitas tinggi untuk gameplay yang lebih halus, menampilkan tujuh dari setiap delapan piksel dalam satu scene. Kinerjanya dipertahankan melalui Nvidia Reflex, yang mengurangi lag input antara perangkat dan monitor.

Kinerja ray-tracing juga meningkat secara signifikan, berkat kemajuan seperti Shader Execution Reordering (SER), cutting-edge Opacity Micromap, dan Displaced Micro-Mesh Engines. Inovasi tersebut memungkinkan game yang paling menuntut sekalipun untuk mengimplementasikan beberapa efek ray-tracing atau bahkan full ray-tracing.

Didukung oleh platform Nvidia Studio, yang memungkinkan kreator konten bekerja lebih cepat dengan akselerasi RTX dan tool AI. Cocok bagi streamer hingga editor video, platform ini melengkapi 100 aplikasi kreatif dan menyertakan rangkaian aplikasi Studio seperti Nvidia Omniverse, Canvas, dan Broadcast.

RTX 4070 ini menyertakan dukungan untuk codec AV1, artinya para streamer akan menikmati efisiensi 40% lebih baik dan live streaming seolah bitrate dinaikkan sebesar 40% yang merupakan peningkatan besar dalam hal kualitas gambar untuk aplikasi stream populer seperti OBS Studio. AV1 sudah didukung di Discord dan segera hadir di YouTube melalui OBS Studio.

Sementara para editor video akan melihat kecepatan ekspor video 20% lebih cepat, berkat encoder Nvidia generasi kedelapan pada RTX 4070, bersama dengan AV1 yang tergabung dalam aplikasi pengeditan video teratas. Semua kreator dapat memanfaatkan tool Tensor Cores untuk AI generasi keempat dengan peningkatan performa yang signifikan dibanding generasi sebelumnya.