Gaming News
for SEO
Gaming News

Nvidia Sematkan Teknologi DLDSR Berbasis AI, Tingkatkan Kualitas Gambar Game Tanpa Mengorbankan FPS

17 January 2022Lukman Azis

DLDSR Berbasis AI ditambahkan lewat update driver GeForce Game Ready versi 511.23

Baru-baru ini Nvidia telah meluncurkan update driver untuk GeForce Game Ready ke versi 511.23. Di samping membawa pengoptimalan untuk gameGod of War versi PC yang baru dirilis 14 Januari lalu, Nvidia juga menyertakan teknologi downsampling yang disebut Deep Learning Dynamic Super Resolution atau disingkat DLDSR untuk kartu grafis GeForce RTX.

Tool DLDSR ini dapat meningkatkan ketajaman dan kualitas gambar sebagian besar game ketika menjalankannya pada resolusi yang lebih tinggi daripada yang didukung oleh monitor. DLDSR dibangun di atas teknologi Dynamic Super Resolution (DSR) dari Nvidia yang telah ada selama bertahun-tahun.

Pada dasarnya, teknologi DSR lama memungkinkan game berjalan pada resolusi yang lebih tinggi daripada yang dapat ditangani oleh monitor dan kemudian menurunkannya ke resolusi asli monitor. Hasilnya kualitas gambarnya menjadi lebih tajam, tetapi dalam prosesnya disertai penurunan FPS.

Sebagai contoh, Anda memiliki kartu grafis yang mampu menjalankan game pada resolusi 4K tetapi hanya memiliki monitor 1440p. Anda dapat menggunakan teknologi DSR untuk meningkatkan kualitas gambar.

DLDSR mengambil konsep yang sama, tetapi mengandalkan teknologi AI. Singkatnya para gamer akan mendapatkan peningkatan kualitas gambar, tanpa mengorbankan banyak FPS atau hanya kehilangan lebih sedikit performa.

Jika Anda memiliki salah satu kartu grafis terbaik dari jajaran RTX Nvidia, DLDSR dapat memanfaatkan core Tensornya dengan sebaik-baiknya, dengan merender game pada resolusi yang lebih tinggi sebelum “secara cerdas” mengecilkan setiap frame agar sesuai dengan resolusi asli monitor. Hasilnya detail yang lebih jelas dan tepi yang lebih halus.

Nvidia memberikan contoh menggunakan Prey: Digital Deluxe 2017 yang berjalan pada monitor 1080p pada 145 FPS. 4x DSR berjalan pada 108 FPS, sementara 2,25x DLDSR mendapatkan 143 FPS alias hanya mengorbankan dua FPS saja.

Tentu saja, di dunia nyata Anda mungkin mendapatkan hasil yang berbeda pada setiap game. Namun mengingat dukungan game yang lebih luas, artinya Anda mungkin dapat memainkan judul game lama favorit dengan kualitas gambar lebih baik.

Ini bukan pertama kalinya Nvidia menggunakan deep learning untuk meningkatkan kualitas dan kinerja gambar, sebelumnya Nvidia juga mendapat banyak pujian untuk sistem Deep Learning Super Sampling atau DLSS. Namun DLSS perlu didukung secara khusus oleh game itu sendiri dan daftar game-nya relatif sedikit.

Bila Anda ingin mencoba DLDSR, silahkan melakukan updatedriver GeForce Game Ready ke versi 511.23. Lalu buka aplikasi Nvidia Control Panel, Manage 3D Settings, dan pilih opsi DL Scaling.

Sumber: TheVerge

Play video

24 May 2022

[Review] Samsung Kelas Menengah Galaxy A23 Vs Galaxy A13, Pilih Mana?

Buat kalian yang lagi mencari smartphone Samsung dengan fitur komplet, tetapi punya budget terbatas. Maka jawabannya ...

Others from #HybridTV