27 October 2015

by Glenn Kaonang

Notifikasi Facebook Nantinya Bakal Diisi Konten Ekstra Seperti Google Now

Setiap harinya, rata-rata pengguna Facebook bakal membuka tab notifikasi paling tidak satu kali. Namun ke depannya frekuensinya kemungkinan akan bertambah berkat pembaruan yang diterapkan pada fitur notifikasi Facebook.

Kalau sebelumnya kita mengakses tab notifikasi untuk melihat update dari rekan, keluarga maupun page yang kita like, nantinya kita bakal melihat konten yang lebih beragam di sana. Variasi konten ini akan disajikan berupa deretan card seperti yang kita jumpai pada Google Now.

Apa saja konten ekstra yang dimaksud? Bisa ramalan cuaca di lokasi Anda, event lokal, film-film baru yang diputar di bioskop terdekat, skor pertandingan tim sepak bola yang Anda like, atau bahkan daftar rumah makan yang patut dijajal, lengkap beserta link menuju page-nya yang berisi review dari beberapa pengunjung.

Info menarik: Facebook Search Disempurnakan, Kini Sajikan Post Publik Terkait Topik Terkini

Sepintas kita mungkin berpikiran bahwa tambahan konten ini akan membuat tab notifikasi terasa begitu 'sesak', tapi untungnya pengguna bisa melakukan kustomisasi terkait jenis card apa saja yang ingin mereka lihat di tab notifikasi. Dan lagi informasi yang berbasiskan lokasi mewajibkan Anda untuk mengaktifkan fitur Location History terlebih dulu.

Notifikasi dari teman maupun keluarga Anda juga tidak bakal berubah. Hanya saja ketika Anda scroll ke bawah, Anda bakal melihat deretan card yang saya contohkan di atas. Jadi bisa dibilang notifikasi Facebook nantinya bakal menjadi News Feed kedua buat mayoritas pengguna.

Buat yang penasaran untuk segera mencobanya, Anda harus bersabar dulu karena update untuk fitur notifikasi Facebook ini baru akan dirilis secara bertahap di Amerika Serikat. Kabar baiknya, pembaruan ini nantinya bakal hadir di versi Android dan iOS sekaligus, tidak seperti fitur eksperimental Facebook biasanya yang cuma melibatkan pengguna iPhone saja.

Sumber: Facebook.