Dark
Light

Nokia Hadirkan Radio Personal dengan Layanan MixRadio

by
3 mins read
November 22, 2013

Nokia telah mengumumkan perubahan atas layanan musik mereka. Jika Anda mengenal atau pernah menggunakan layanan Nokia Music, kini nama layanan musik dari Nokia berganti menjadi Nokia MixRadio.

Nokia MixRadio

Nokia MixRadio dibangun dari layanan Nokia Music yang diperkenalkan tahun 2011 lalu, kini layanan musik dari Nokia ini hadir dengan konsep serta berbagai fitur baru.

Pada dasarnya aplikasi MixRadio menghadirkan layanan streming musik layaknya mendengarkan radio untuk para pengguna Nokia Lumia, kita tinggal memilih koleksi atau mix lagu yang ingin diputar, tap play dan pilihan lagu akan memanjakan pendengaran Anda. Tidak hanya itu, pengguna pun tentunya bisa melakukan personalisasi dengan milik koleksi musik tertentu.

Fitur Play Me untuk Membuat Radio Personal

Fitur personalisasi lain yang dihadirkan MixRadio adalah Play Me, fitur ini memungkinkan aplikasi mempelajari perilaku mendengar musik pengguna dan menghadirkan pilihan lagu yang terpersonalisasi.

Akan ada tompol ‘jempol ke atas dan jempol ke bawah’ yang bisa dipilih ketika pengguna mendengarkan lagu di MixRadio, nantinya aplikasi akan mendata pilihan ini, jadi ketika koleksi lagi diputar, maka tipe atau jenis lagu-lagu yang disukai akan dihadirkan dalam playlist. Perilaku atas minat lagu tertentu juga didata dari pembelian lagu tertentu yang dilakukan pengguna.

Sebagai awal MixRadio akan menghadirkan lima pilihan lagu, Anda bisa mulai memberikan data pada aplikasi mana lagu yang Anda sukai atau tidak dan terus memutar koleksi lagu yang dihadirkan. Menu Play Me bisa diakses dari halaman muka MixRadio.

Jyrki Rosenberg, VP and Head of Nokia Entertainment menjelaskan dengan gamblang layanan Mix Radio dengan fitur Play Me-nya, “Semudah menyalakan radio, tapi Anda yang memegang kendali – dengan menyentuh fitur Play Me membuat Anda merasa memiliki stasiun radio yang mengerti Anda, tanpa jeda iklan dan tanpa proses pendaftaran. Anda bahkan bisa melewatkan lagu yang tidak diinginkan dan memberikan tanda suka atau tidak suka dengan fitur unik ‘thumbs up’ dan ‘thumbs down’ sehingga tercipta sebuah stasiun radio personal dengan lagu-lagu favorit Anda.”

2MixRadio

Fasilitas Gratis dan Berbayar

Nokia MixRadio memberikan fasilitas mendengarkan streaming musik secara gratis, untuk pengguna Nokia Lumia aplikasi ini bisa diunduh di Windows Phone Store. Ada 18 juta koleksi lagu yang hadir dalam rupa playlist atau koleksi dengan tema tertentu.

Selain menghadirkan fitur Play Me, Nokia Mix Radio memungkinkan Anda menjelajah pilihan playlist yang telah disiapkan untuk langsung didengarkan secara gratis. Anda juga bisa membuat playlist Anda sendiri berdasarkan 3 artis yang Anda sukai, Mix Radio akan memberikan pilihan lagu berdasarkan 3 artis yang telah Anda pilih.

Nokia MixRadio merupakan layanan streaming, jadi dalam penggunaannya akan menggunakan akses data, tetapi layanan ini telah dibuat untuk mendukung akses data internet di Indonesia jadi layanan streaming-nya akan terasa cukup mulus.

Ketika mendengarkan lagu, Anda pun bisa menjelajah berbagai informasi dari si artis, termasuk akun Twitter mereka. Rekomendasi atas artis juga akan tersedia ketika kita melakukan pencarian atas artis tertentu. Proses sosial juga didukung di layanan ini, Anda bisa membagikan playlist yang Anda buat atau Anda sukai ke teman Anda lewat jejaring sosial atau SMS. Dan melihatnya via web, karena MixRadio pun bisa dinikmati lewat alamat ini http://www.mixrad.io/id .

Meski MixRadio bisa dinikmati secara gratis, untuk mereka yang ingin mendapatkan layanan tanpa batas bisa menggunakan fitur berlangganan. Hanya dengan membayar biaya 15 ribu rupiah perbulan (untuk Indonesia) Anda bisa mengunduh playlist atau mix lagu untuk didengarkan secara tanpa batas, anda bisa skip lagu tanpa batas, fitur tambahan seperti lirik untuk banyak lagu, akses dari berbagai perangkat seperti web, tablet, dll. Dan bagi Anda yang termasuk golongan audiophile, layanan berbayar memungkinkan Anda untuk membuka pilihan suara untuk menikmati lagu dengan lebih kualitas yang lebih baik.

Selain fitur berlangganan untuk mendengarkan playlist lagu, Nokia MixRadio pun memungkinkan Anda untuk membeli lagi secara satuan atau per album, pilihan pembayaran saat ini masih dengan kartu kredit. Untuk fitur berlangganan, disediakan pula masa percobaan selama 7 hari.

1

Pasar Lokal

Saya sendiri secara pribadi menanti gebrakan dari sisi musik yang dilakukan Nokia ini, terutama untuk pasar Indonesia. Nokia punya posisi tersendiri di pasar lokal, meski persaingan semakin sengit namun brand yang telah dikenal bisa membawa layanan musik ke pengguna luas di tanah air. Kemudahan yang ditawarkannya bisa menjadi pilihan untuk mendengarkan musik lewat perangkat bergerak.

Beberapa peningkatan yang menurut saya bisa dilakukan antara lain adalah pilihan atas pembayaran, semoga saja Nokia bisa menghadirkan pilihan pembayaran selain kartu kredit bagi mereka yang ingin membeli lagu atau berlangganan. Selain itu, untuk kecerdasan usulan lagu di playlist juga sepertinya masih bisa ditingkatkan, karena ketika mencoba membuat mix dengan artis kesukaan, saya masih mendapatkan usulan lagu yang kurang nyambung dengan tipe artis yang saya pilih.

Selain itu, harga yang ditawarkan untuk layanan berlanggananan juga menurut saya telah mendukung pasar lokal. Seperti yang telah diumumkan diberbagai media, MixRadio+ (layanan berlangganan MixRadio) dibanderol seharga $3.99, tetapi untuk pasar Indonesia harganya lebih murah, hanya 15.000 rupiah perbulan. Harga ini, seperti yang disebutkan Widhi Asmoro (Entertaiment Manager Nokia Music) dalam sebuah obrolan dengan TRL, dihadirkan dengan penyesuaian untuk pasar lokal. Harganya yang lebih murah tentunya lebih ramah kantong para penikmat musik di sini.

Saat ini Nokia MixRadio telah tersedia di 31 negera pengguna Nokia Lumia (semua Lumia Windows Phone 8 dan Lumia 900, 800, 710 dan 610), aplikasi bisa diunduh di tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Berupaya Datangkan Profit Dari BBM, BlackBerry Akuisisi ScrOON

Next Story

Fitch: Idealnya Cukup Ada Empat Operator Seluler di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri
The Beatles pakai AI untuk rilis lagu baru

Berkat AI, The Beatles Siap Rilis Lagu Baru dengan Vokal John Lennon

Haruskah penggunaan AI dilarang di industri musik? Jawabannya sudah pasti