25 January 2013

by wiku

Nokia 808 PureView Jadi Ponsel Symbian dari Nokia yang Terakhir

Dalam laporan keuangan kuarter 4 tahun 2012, Nokia mengumumkan bahwa Nokia 808 PureView menjadi ponsel Nokia terakhir yang berbasis Symbian.

Nokia 808 PureView sendiri mencuri perhatian karena kemanpuan kameranya yang dilengkapi lensa Carl Zeiss dengan sensor 41MP. Kamera ini dilengkapi oleh sistem operasi Symbian. Dalam pengumumannya Nokia mengatakan bahwa ponsel yang hadir pertengahan tahun 2012 ini menjadi perangkat terakhir berbasis Symbian yang hadir dari Nokia.

Meski demikian, angka penjualan Nokia berbasis Symbian ini masih ada di angka 2.2 juga selama kuarter keempat kemarin. Sedangkan Lumia berhasil dijual sebanyak 4.4 juta.

Selain informasi tentang dihentikannya Symbian ini, Nokia juga mengumumkan beberapa dan mempertegas laporan awal yang sempat diberitakan, bahwa ada 4.4 juta Lumia yang terjual dalam kuarter 4 ini. Ada 6.6 juta smartphone, Asha terjual 9.3 juta unit dan Nokia berbasis Symbian terjual 2.2 juta. Dalam laporan ini Nokia juga melaporkan $584 juta keuntungan operasional dari $10.7 miliar penjualan net.

Angka-angka ini tentunya bisa menjadi dasar untuk melihat bagaimana strategi Nokia dalam tahun 2013 ini, Asha masih dominan yang berarti mereka bisa saja mendorong lagi perangkat ini terutama untuk kelas menengah - bawah serta negara berkembang. Untuk pasar menengah - atas, Lumia menjadi pilihan utama sehingga kita bisa menanti berbagai gebrakan Nokia atas perangkat unggulan ini.

Laporan keuangan kuarter 4 tahun 2012 dari Nokia bisa dilihat di sini.

Sumber: TheNextWeb dan Engadget.