Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Esports Organizer NODWIN Gaming, Lancarkan Ekspansi ke Region Afrika

13 July 2020Narendra Soejoedi

Afrika selatan akan menjadi pintu masuk mengembangkan esports di region Afrika.

Organisasi esports asal India, NODWIN Gaming baru saja membuka daerah operasi terbarunya di Afrika Selatan. Ekspansi internasional NODWIN Gaming dilancarkan setelah membuka kantor NODWIN Gaming internasional di Johannesburg awal tahun 2020.

Sebelumnya NODWIN Gaming sudah menggelar turnamen khusus bagi komunitas gamers dan esports di Afrika Selatan. Turnamen bertajuk Inkosi Super Cup digulirkan secara online sebagai respon atas tertundanya gelaran offline turnamen Umzansi Esports League 2020. Menyusul kesuksesan turnamen di tingkat lokal Afrika Selatan sebelumnya, NODWIN Gaming mengarahkan pandangannya untuk menggelar turnamen yang akan terbuka bagi peserta dari seluruh region Afrika.

Akshat Rathee, Managing Director sekaligus Founder dari NODWIN Gaming, dalam sebuah rilisnya menyatakan, “gelaran turnamen pertama kami di Afrika Selatan memberikan kami gambaran akan komunitas gamers yang antusias di seluruh region Afrika.”

via: Instagram nodwingaming
via: Instagram nodwingaming

Adapun NODWIN Gaming tidak menduga akan datangnya antusiasme yang tinggi dari komunitas di skena esports Afrika Selatan. Di saat yang bersamaan datang juga berbagai respon agar NODWIN gaming menjalankan turnamen di banyak tempat lainnya di region Afrika.

Bila ditilik dari sisi bisnis, NODWIN sudah memiliki pengalaman yang cukup sebagai sebuah organisasi esports. Di skena lokal India NODWIN sudah berulang kali dipercaya untuk bekerja sama dengan esports organizer berskala global seperti, ESL, Dream Hack, dan juga tidak lupa menyebutkan raksasa asal Tiongkok, Tencent.

Terlepas dari industri esports di India yang juga berkembang dengan pesat, NODWIN memutuskan untuk melakukan ekspansi internasional, dimulai dari region Afrika. Hingga saat ini memang Afrika Selatan memiliki potensi yang kurang lebih sama dengan negara berkembang lain di Asia Tenggara atau Asia Selatan.

via: Instaggram nodwingaming
via: Instaggram nodwingaming

Melalui ekspansi internasional di Afrika Selatan, NODWIN Gaming berencana untuk terlebih dahulu membangun ekosistem esports yang teratur di dalamnya. Region Afrika sejauh ini belum banyak dilirik dan diperhatikan oleh komunitas esports global.

Berkembangnya ekosistem esports akan menempatkan region Afrika di peta kompetisi esports internasional. Potensi yang sama dimiliki juga oleh Afrika Selatan dan banyak negara lainnya di region Afrika jika sekilas memperhatikan angka penduduk usia muda, antusiasme akan esports, dan serta perkembangan pengguna internet di Afrika.

 

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV