Esports Ecosystem

Nissan Rancang Kursi Esports Terinspirasi dari Desain Tiga Mobil Ternama

19 Sep 2019 | Ayyub Mustofa
Tiga kursi dengan kebutuhan berbeda, berbasis Nissan GT-R NISMO, Nissan Armada, dan Nissan LEAF.

Di era modern ini, banyak perusahaan produsen furnitur yang menciptakan kursi khusus untuk kebutuhan gaming. Menggunakan material yang kuat dan empuk, serta desain ergonomis yang nyaman untuk duduk dalam waktu lama, kursi-kursi gaming seolah menjadi perlengkapan wajib terutama bagi mereka yang menjadikan game sebagai sebuah profesi (streamer, atlet esports, dsb). Tapi sebelum kursi gaming muncul, sudah ada industri lain yang juga memiliki kebutuhan akan tempat duduk dengan karakteristik kenyamanan serupa. Benar, industri itu adalah industri otomotif.

Maka bukan hal aneh bila kemudian ada perusahan otomotif yang juga turun untuk merancang kursi gaming, seperti yang dilakukan Nissan beberapa waktu lalu. Memperingati Hari Video Game Nasional yang jatuh pada tanggal 12 September, Nissan USA mengunggah rancangan konsep untuk tiga “kursi esports” berbeda di situs resmi dan media sosial mereka. Uniknya, rancangan kursi ini terinspirasi dari tiga mobil milik Nissan yang sudah cukup terkenal.

Nissan Esports Gaming Chair - GT-R NISMO
Nissan Esports Gaming Chair – GT-R NISMO | Sumber: Nissan USA

Desain pertama adalah kursi esports berbasis Nissan GT-R NISMO. Dengan warna dasar merah dan hitam, material dari carbon fiber, lapisan kulit dan kain suede sintetis, serta audio system yang tertanam di headrest, kursi ini memberi kesan performa cepat seperti GT-R NISMO yang menyandang status supercar.

Nissan Esports Gaming Chair - Armada
Nissan Esports Gaming Chair – Armada | Sumber: Nissan USA

Kedua adalah desain berbasis Nissan Armada. Sebagaimana mobil Armada yang merupakan SUV, desain kedua ini cenderung lebih comfy, dengan dudukan berlapis kulit yang empuk serta lumbar support (penyangga pinggang). Uniknya lagi, kursi ini dilengkapi dengan fitur “climate control” yang dapat menghangatkan dan mendinginkan kursi sesuai kebutuhan.

Nissan Esports Gaming Chair - LEAF
Nissan Esports Gaming Chair – LEAF | Sumber: Nissan USA

Terakhir adalah desain berbasis Nissan LEAF. LEAF adalah mobil listrik alias EV (electric vehicle) yang dikembangkan dengan teknologi tercanggih. Kursi ini pun demikian, menyandang warna biru dan abu-abu yang mengesankan teknologi futuristik. Kursi ini dibuat dari bahan-bahan ramah lingkungan, juga dilengkapi charging port USB dan leg rest.

Dengan pengalaman puluhan tahun merancang kursi yang menggabungkan antara estetika dan kenyamanan, Nissan yakin bahwa produk mereka bisa menawarkan pengalaman maksimal bagi para gamer. Tapi saat ini Nissan belum memiliki rencana pasti untuk memproduksi tiga kursi di atas. Nissan masih ingin melihat reaksi publik terhadap ide baru ini, dan mereka mengadakan polling untuk mencari tahu desain mana yang paling populer. Dari Twitter resmi Nissan USA, tampaknya desain yang paling digemari adalah desain GT-R NISMO.

Di dunia esports sendiri, Nissan sudah melakukan investasi meski belum lama. Pada bulan Maret 2019 kemarin, mereka menjalin kerja sama dengan dua tim esports populer, yaitu FaZe Clan dan OpTic Gaming. Nissan merupakan partner automaker pertama yang menggandeng kedua tim tersebut.

Kira-kira, bila tiga kursi ini jadi diproduksi, varian manakah yang ingin Anda miliki? Saya pribadi melihat sepertinya desain Nissan Armada sangat menarik, terutama karena adanya fitur climate control. Untuk gamer yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia, fitur pendingin bisa membuat gaming lebih nyaman meski matahari sedang terik-teriknya. Semoga saja Nissan bisa cepat memproduksinya, dan semoga harganya pun terjangkau.

Sumber: Nissan USA