12 October 2017

by Glenn Kaonang

Mobil Balap Nissan Ini Dapat Dikendalikan Sepenuhnya dengan Controller PlayStation

Yang mengendalikannya duduk manis di dalam helikopter selagi mobil itu digeber sampai 211 km/jam

Kalau disuruh memilih, Anda lebih tertarik bermain mobil RC (remote control) atau game balap super-realistis macam Gran Turismo? Bagaimana kalau keduanya ternyata bisa dikombinasikan, sehingga Anda dapat mengendalikan mobil RC yang terasa realistis, begitu realistisnya sampai-sampai yang digunakan ternyata adalah mobil asli?

Itulah yang baru saja dilakukan oleh Nissan. Dalam rangka menyambut perilisan Gran Turismo Sport dan merayakan 20 tahun partisipasinya dalam game tersebut, Nissan menciptakan mobil balap yang dapat dikendalikan sepenuhnya menggunakan controller DualShock 4 milik PlayStation.

Mobil yang dimaksud adalah Nissan GT-R, yang telah dimodifikasi dan dijejali sederet robot, komputer dan sensor, hingga akhirnya bisa dikemudikan dari jauh. Nissan tak lupa menyematkan nama yang sangat pas untuk mobil istimewa ini, yakni Nissan GT-R /C – sebuah permainan kata-kata yang cerdas kalau menurut saya pribadi.

Sosok yang sangat beruntung mengendalikannya adalah Jann Mardenborough, yang tidak lain merupakan salah satu pembalap andalan Nissan. Bertempat di sirkuit Silverstone, Jann menggenjot GT-R /C hingga mencapai kecepatan maksimum 211 km/jam selagi memonitor pergerakannya dari dalam helikopter yang mengikuti.

Total ada empat robot di dalam kabin GT-R /C yang bertugas mengoperasikan setir, transmisi, pedal gas dan rem. Di bagian belakangnya, tertanam enam komputer yang memberikan update kontrol hingga 100 kali per detiknya.

Controller DualShock 4 yang digunakan sendiri sama sekali tidak dimodifikasi. Controller hanya tersambung ke sebuah micro-computer yang menerjemahkan input kontrol dan meneruskannya sistem bawaan GT-R /C. Nissan tidak lupa memasangkan sensor Racelogic VBOX Motorsport yang bertugas meneruskan data kecepatan mobil ke sebuah layar di kokpit helikopter.

Beralih ke sektor keamanan, Nissan menambatkan dua sistem pengaman terpisah yang beroperasi di frekuensi radio yang berbeda. Sistem ini ditujukan supaya dua operator ekstra dapat mengaktifkan rem dan mematikan mesin mobil andaikata Jann kehilangan kendali.

Silakan Anda tonton sendiri aksi Nissan GT-R /C dalam video di bawah, dan tolong jangan terlalu iri dengan Jann sampai kemudian benar-benar membencinya :)

Sumber: Nissan.