Gadget News

Nintendo Switch Lite Sudah Bisa Dipesan Sekarang

01 Aug 2019 | Yoga Wisesa
Versi alternatif dari Nintendo Switch ini akan tersedia secara global pada tanggal 20 September 2019.

Menyusul rentetan rumor dan bocoran dari narasumber terpercaya terkait versi baru Switch, Nintendo akhirnya resmi mengumumkan Switch Lite di bulan Juli kemarin. Perancangan perangkat ini tampaknya didorong oleh banyaknya gamer yang menikmati console hybrid itu di mode handheld sekaligus merupakan upaya produsen memoles sejumlah kekurangan serta memberikan alternatif lebih terjangkau.

Bersamaan dengan pengungkapan Switch Lite, perusahaan juga mengabarkan kapan produk mulai dipasarkan. Dan beberapa saat lalu, Nintendo sudah memperkenankan kita untuk melakukan pemesanan via Amazon. Di situs  eCommerce raksasa itu, Nintendo menawarkan keempat versi Switch Lite, yaitu warna abu-abu, pirus, kuning serta edisi Pokémon Zacian dan Zamazenta. Berdasarkan keterangan di Amazon, Switch Lite siap dikirimkan ke Indonesia.

Nintendo Switch Lite 2

Nintendo Switch Lite ialah alternatif dari versi Switch standar yang ditujukan pada mereka yang gemar menikmati game-game anyar Nintendo di mana pun berada. Sejumlah penyesuaian telah diterapkan Nintendo pada aspek desain. Misalnya, Switch Lite punya layar dan dimensi lebih kecil, serta bobot lebih ringan dibanding Switch standar. Perangkat menyuguhkan display selebar 5,5-inci, luas 9,1×20,8-sentimeter, dan berat 280-gram.

Di Switch Lite, input kendali tidak dapat dilepas seperti Joy-Con. Karena itu Nintendo tidak merasa perlu untuk membuat tombol-tombol di zona kanan dan kirinya simetris. Directional pad pada Switch Lite tak lagi tersaji dalam tombol terpisah, melainkan satu tombol utuh berwujud plus sehingga lebih nyaman digunakan. Dan walaupun lebih kecil, produsen turut meng-upgrade kapasitas baterai sehingga mampu menyajikan durasi bermain dari 3 sampai 7 jam (baterai Switch biasa berdaya tahan 2,5 hingga 6,5 jam).

Nintendo Switch Lite.

Namun tentu saja ada kompensasi dari absennya mode home console di Switch Lite. Perangkat ini tidak mempunyai kamera IR dan fitur HD Rumble, dan ia hanya mendukung game-game yang bisa dimainkan di mode handheld saja. Switch Lite tetap bisa menyajikan permainan seperti 1-2-Switch, tapi Anda memerlukan unit Joy-Con terpisah (ia dapat terhubung ke controller eksternal lain). Di dalam, Nintendo tetap mempertahankan sensor gyroscope, serta konektivitas Wi-Fi, Bluetooth dan NFC.

Pemilik Switch Lite yang mencoba membeli permainan yang membutuhkan mode televisi di eShop akan diberi notifikasi mengenai inkompatibilitas tersebut.

Nintendo Switch Lite rencananya akan meluncur secara global pada tanggal 20 September 2019 dan dijajakan seharga US$ 200. Edisi Pokémon Zacian dan Zamazenta sendiri baru dirilis belakangan di tanggal 8 November – sekitar seminggu sebelum permainan Pokémon Sword dan Shield dilepas.

Nintendo Switch Lite 1

Via DigitalTrends.