9 February 2023

by Glenn Kaonang

Kejutan-Kejutan Paling Menarik dari Nintendo Direct Edisi Februari 2023

Mulai dari trailer anyar Zelda: Tears of the Kingdom, sampai kejutan spesial buat penggemar seri game Metroid, ada banyak materi berdaging yang Nintendo sajikan pada presentasi Direct kali ini

Sudah menjadi tradisi tahunan bagi Nintendo untuk menggelar presentasi Direct di bulan Februari. Tahun ini, materi yang disiapkan bisa dibilang cukup berdaging, serta mencakup hampir semua IP terbesar Nintendo.

Mulai dari trailer anyar untuk Zelda: Tears of the Kingdom, tanggal rilis Pikmin 4, sampai kejutan spesial buat penggemar setia franchise Metroid; isi Nintendo Direct edisi Februari 2023 ini benar-benar sangat menarik dan pantas untuk menyita sekitar 40 menit dari waktu kita.

Namun bagi yang tidak punya cukup waktu, Anda bisa menyimak ringkasannya di bawah ini.

Trailer baru The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom

Hampir 6 tahun telah berlalu sejak Breath of the Wild diluncurkan, dan kini sekuelnya sudah hampir di depan mata. Rencananya, Tears of the Kingdom akan dirilis pada 12 Mei 2023 mendatang, dan Nintendo sudah menyiapkan trailer kedua yang cukup dramatis untuknya, serta yang memamerkan cukup banyak porsi gameplay-nya.

Oh ya, harga ritel game ini bakal naik menjadi $70 — pertama kalinya buat game Switch — jadi ada baiknya kita mulai menabung dari sekarang.

Pikmin 4 meluncur di bulan Juli

Nintendo membuka presentasi Direct kali ini dengan mengumumkan jadwal rilis Pikmin 4, yakni 21 Juli 2023. Sesuai judulnya, Pikmin 4 adalah penerus langsung Pikmin 3, game yang dirilis satu dekade lalu di konsol Wii U. Sebelum ini, Switch memang sempat kebagian jatah game Pikmin di tahun 2020, tapi itu cuma versi Deluxe dari Pikmin 3.

Metroid Prime Remastered

Oke, ini memang bukan Metroid Prime 4 yang sudah dinanti-nanti sejak lama oleh para fans, tapi setidaknya ini merupakan kesempatan untuk bisa menikmati game Metroid pertama yang mengadopsi tampilan 3D dan perspektif first-person, yang dirilis 21 tahun lalu di konsol GameCube.

Lebih istimewa lagi, Anda tidak perlu menunggu lama, sebab Metroid Prime Remastered sudah tersedia di Nintendo eShop mulai hari ini. Versi fisiknya akan menyusul pada 22 Februari.

Expansion Pass buat Splatoon 3

Nintendo mengumumkan Expansion Pass untuk Splatoon 3, dengan dua konten DLC berbayar yang akan dirilis secara terpisah. Yang pertama adalah map Inkopolis dari game Splatoon pertama, sedangkan yang kedua adalah single-player campaign baru berjudul "Side Order".

Katalog game Game Boy untuk pelanggan Switch Online

Bertambah lagi alasan untuk berlangganan layanan Nintendo Switch Online, terutama jika Anda suka game-game lawas dari zaman konsol Game Boy maupun Game Boy Advance. Judul-judul seperti Metroid II - Return of Samus, Kirby's Dream Land, Wario Land 3, maupun The Legend of Zelda: The Minish Cap sudah bisa dimainkan mulai hari ini oleh para pelanggan, dan masih banyak lagi yang akan menyusul ke depannya.

Remake Advance Wars rilis April

Sempat ditunda beberapa kali, Advance Wars 1+2: Re-Boot Camp akhirnya punya tanggal rilis resmi: 21 April 2023. Kalau pun Anda tidak pernah memainkan game aslinya di era kejayaan Game Boy Advance, remake-nya ini sama sekali tidak boleh Anda lewatkan, terutama jika Anda menyukai genre strategi dengan sistem turn-based.

Samba de Amigo: Party Central

Sempat di-port ke Wii, rhythm game andalan konsol Sega Dreamcast ini akhirnya datang ke Switch lewat sebuah game baru berjudul Samba de Amigo: Party Central. Tentu saja, musik samba kembali menjadi fokus utama, dan pemain harus siap memperlakukan controller Joy-Con bak sepasang marakas.

Trailer baru Disney Illusion Island

Nintendo memamerkan trailer baru untuk gameside-scrolling platformer dengan karakter-karakter favorit Disney ini. Disney Illusion Island akan tersedia di Switch mulai 28 Juli 2023.

Professor Layton and The New World of Steam

Seri game yang memulai debutnya di platform Nintendo DS ini akhirnya bakal datang secara proper di Switch. Sayang trailer-nya tidak menampilkan terlalu banyak, namun setidaknya kita bisa tahu bahwa dunia bergaya steampunk bakal jadi setting utama dari game petualangan yang sarat puzzle ini.

Mario Kart 8 Deluxe Booster Course Pass - Wave 4

Gelombang keempat dari DLC Mario Kart 8 Deluxe Booster Course Pass akan dirilis di musim semi 2023. Apa saja isinya? Sirkuit baru di Yoshi Island, serta karakter baru bernama Birdo dari Mario Kart: Double Dash. Ke depannya, Nintendo berniat menambahkan karakter-karakter lain dari game Mario Kart sebelum-sebelumnya.

Kirby's Return to Dream Land Deluxe

Kirby's Return to Dream Land Deluxe merupakan remaster dari game berjudul sama yang dirilis di Nintendo Wii di tahun 2011. Istimewanya, versi Switch-nya ini mengemas konten baru berupa epilog yang dapat dimainkan setelah menamatkan game-nya.

Kirby's Return to Dream Land Deluxe akan tersedia pada 24 Februari 2023, tapi Anda sudah bisa mencoba versi demo-nya mulai hari ini via eShop.

Xenoblade Chronicles 3 Expansion Pass - Volume 3

DLC terbaru untuk Xenoblade Chronicles 3 bakal mendatangkan karakter anyar bernama Masha, plus sebuah mode bernama Archsage's Gauntlet yang menawarkan pengalaman bermain ala game roguelike. Bagaimana dengan skenario cerita baru? Well, Anda masih harus menunggu sampai Volume 4-nya tiba, untungnya masih di tahun 2023 ini juga.

Fire Emblem Engage Expansion Pass

Nintendo membeberkan detail DLC Expansion Pass untuk Fire Emblem Engage. Beberapa yang disoroti mencakup karakter-karakter baru seperti Hector, Soren, Camilla, dan Veronica, serta plot cerita baru yang berjudul Fell Xenologue.

Bayonetta Origins: Cereza and the Lost Demon

Sesuai judulnya, Bayonetta Origins: Cereza and the Lost Demon akan mengeksplorasi kehidupan masa lalu protagonis utama dari seri game Bayonetta (yang sebelumnya memakai nama Cereza). Trailer barunya menampilkan sejumlah elemen gameplay yang inovatif, yang terlihat semakin mengesankan saat dipadukan dengan art style-nya yang unik.

Etrian Odyssey Origins Collection

Kabar gembira bagi penggemar seri RPG besutan Atlus ini. Etrian Odyssey Origins Collection merupakan bundel berisikan remaster dari tiga game pertamanya. Buat yang dulu tidak sempat memainkannya di Nintendo DS, Anda bakal bisa menikmatinya di Switch mulai 1 Juni 2023. Anda juga tidak diwajibkan membeli bundelnya, sebab ketiga game-nya juga akan dijual secara terpisah.

Baten Kaitos I & II HD Remaster

Nintendo menyiapkan cukup banyak stok remaster game lawas dalam Direct kali ini, tidak terkecuali RPG dengan sistem combat berbasis kartu yang unik besutan Monolith Soft ini. Nintendo belum punya tanggal yang spesifik, namun rencananya game ini bakal tersedia pada musim panas 2023.

We Love Katamari REROLL + Royal Reverie

Sekuel dari Katamari Damacy ini turut mendapatkan remaster untuk Switch, dan Anda bisa mulai memainkannya pada 2 Juni 2023. Selain semua yang ada di game aslinya, versi remaster-nya turut menambahkan sejumlah level ekstra dan fitur tambahan lainnya.

Omega Strikers

Omega Strikers adalah game multiplayer 3 vs 3 dengan gameplay unik yang tampak seperti perpaduan sepak bola dan air hockey. Game free-to-play ini akan tersedia di Switch mulai 17 April 2023.

Octopath Traveler II segera rilis

Sekuel RPG besutan Square Enix ini akan tiba pada 24 Februari. Namun kabar baik bagi pengguna Switch, Anda sudah bisa mengunduh versi demo-nya mulai sekarang, dan progres yang Anda catatkan dapat ditransfer ke versi penuhnya saat sudah tersedia nanti.