10 February 2022

by Glenn Kaonang

Semua yang Diumumkan di Nintendo Direct Edisi Februari 2022

Dari Xenoblade Chronicles 3 sampai remake Front Mission, inilah deretan game anyar yang diumumkan di presentasi Nintendo Direct edisi Februari 2022

Seperti biasa setiap bulan Februari, Nintendo menggelar presentasi Direct untuk mengumumkan segudang game baru yang akan mereka rilis dalam beberapa bulan berikutnya.

Pada edisi Februari 2022 ini, ada beberapa kejutan menarik yang Nintendo sajikan, khususnya yang berkaitan dengan sejumlah franchise game legendaris. Anda dapat menonton presentasi lengkapnya di YouTube, atau membaca ringkasan yang sudah saya buat di bawah.

Fire Emblem Warriors: Three Hopes

Seperti yang sudah bisa ditebak dari judulnya, Fire Emblem Warriors: Three Hopes menyuguhkan gameplay hack-and-slash ala seri Dynasty Warriors milik Koei Tecmo. Ini merupakan game kedua dari franchise Fire Emblem yang mengemas mekanisme seperti itu, dan di game ini kita akan kembali berjumpa dengan karakter-karakter dari Fire Emblem: Three Houses. Peluncurannya dijadwalkan berlangsung pada 24 Juni 2022.

Advance Wars 1+2: Re-Boot Camp

Gamer yang sudah cukup berumur, alias yang sempat menjadi pengguna Game Boy Advance, semestinya mengenal seri game strategi populer berikut ini. Pada tanggal 8 April nanti, mereka bisa kembali bernostalgia lewat versi remake-nya yang akan dirilis di Nintendo Switch. Sesuai judulnya, versi remake ini mencakup game pertama sekaligus keduanya.

No Man's Sky

Enam tahun setelah dirilis, No Man's Sky akhirnya bakal menginjakkan kaki di Switch pada musim panas 2022. Semoga saja peluncuran versi Switch-nya tidak penuh masalah seperti versi orisinalnya.

Mario Strikers: Battle League

Setelah lebih dari satu dekade, seri game Mario Strikers akhirnya hidup kembali lewat Mario Strikers: Battle League. Ini merupakan permainan 'sepak bola' 5 lawan 5 yang dapat dimainkan oleh delapan pemain sekaligus. Game-nya akan dirilis di Nintendo Switch pada 10 Juni mendatang.

Splatoon 3

Usai diumumkan tahun lalu, Splatoon 3 akhirnya punya jadwal rilis: musim panas 2022. Dalam presentasinya kali ini, Nintendo mempertontonkan mode co-op bertajuk Salmon Run Next Wave yang akan hadir di third-person shooter jenaka ini.

Front Mission 1st: Remake

Kabar gembira bagi penggemar Front Mission, dua game pertamanya bakal di-remake untuk Nintendo Switch. Front Mission 1st: Remake akan meluncur lebih dulu di musim panas tahun ini, sementara sekuelnya akan menyusul entah kapan.

Disney Speedstorm

Digarap oleh Gameloft, Disney Speedstorm merupakan sebuah permainan balapan ala Mario Kart baru dengan karakter-karakter ikonis milik Disney dan Pixar, seperti Mickey Mouse, Captain Jack Sparrow, maupun Sulley. Game ini akan dirilis pada musim panas 2022 sebagai game free-to-play, sekaligus yang dapat dimainkan lintas platform.

Star Wars: The Force Unleashed

Game action-adventure keluaran tahun 2008 ini akhirnya bakal menyambangi Nintendo Switch mulai 20 April mendatang. Versi Switch-nya digarap oleh Aspyr, studio yang sudah sangat berpengalaman dalam hal porting, termasuk untuk beberapa judul game dari franchise Star Wars.

Assassin's Creed The Ezio Collection

Dari sekian banyak game Assassin's Creed, Assassin's Creed II kerap disebut sebagai salah satu yang terbaik. 17 Februari nanti, pengguna Switch akhirnya bisa ikut menikmati petualangan Desmond Miles dan leluhurnya, Ezio Auditore da Firenze. Bukan cuma di satu game, melainkan juga di dua sekuelnya, Assassin's Creed: Brotherhood dan Assassin's Creed: Revelations.

SD Gundam Battle Alliance

Dijadwalkan hadir tahun ini, SD Gundam Battle Alliance merupakan sebuah action RPG dengan lebih dari 20 varian mobile suit. Seiring berjalannya progres, pemain dapat memperkuat mobile suit-nya via modifikasi.

Chrono Cross: The Radical Dreamers Edition

Lebih dari dua dekade setelah peluncurannya, salah satu RPG terbaik di era PlayStation pertama ini akan hadir di Switch dalam wujud remaster. Beberapa fitur baru yang ditawarkan di antaranya adalah enhanced soundtrack dan opsi untuk mematikan enemy encounter. Versi remaster-nya yang akan hadir pada 7 April ini juga mencakup konten ekstra Radical Dreamers yang sebelumnya cuma tersedia untuk Satellaview.

Kirby and the Forgotten Land

Kirby akan merayakan ulang tahunnya yang ke-30 tahun ini, dan saya kira tidak ada bentuk selebrasi yang lebih baik selain game Kirby baru. Dijadwalkan meluncur pada 25 Maret, Kirby and the Forgotten Land merupakan game 3D pertama dari franchise Kirby yang bukan merupakan spin-off.

MLB The Show 22

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, MLB The Show bakal dapat dimainkan di Nintendo Switch. Yang cukup istimewa, versi Switch-nya ini mendukung cross progression, yang berarti pengguna PlayStation maupun Xbox dapat meneruskan progres permainannya di Switch jika perlu.

Kingdom Hearts Integrum Masterpiece

Mulai hari ini (10 Februari 2022), pengguna Switch dapat memainkan versi cloud dari tiga game Kingdom Hearts. Konsumen dibebaskan membeli bundel lengkapnya atau secara satuan.

Klonoa Phantasy Reverie Series

Sempat dibuatkan remake-nya untuk Wii di tahun 2008, Klonoa kini kembali di-remake untuk Nintendo Switch. Kali ini bukan cuma satu, melainkan kedua game-nya sekaligus, dengan jadwal perilisan 8 Juli 2022.

Portal: Companion Collection

Puzzle platformer legendaris bikinan Valve ini siap merambah Switch tahun ini, lengkap beserta sekuelnya.

Live A Live

Kalau Anda kurang familier dengan judulnya, itu wajar mengingat game ini sebelumnya cuma dirilis di dataran Jepang saja. Kabar baiknya, remake JRPG klasik bikinan SquareSoft ini bakal hadir di Switch mulai 22 Juli, tentu saja dengan grafik yang lebih baik baik, namun tanpa melupakan elemen 2D dari versi orisinalnya.

Nintendo Switch Sports

Dengan nyaris 83 juta unit terjual, Wii Sports merupakan game terlaris untuk platform Wii. Sekarang, Nintendo sedang bersiap untuk meluncurkan versi Switch-nya, Nintendo Switch Sports. Total ada tujuh macam olahraga yang ditawarkan: bola voli, sepak bola, bowling, badminton, tenis, dan chambara (adu pedang).

Game ini akan dirilis pada 29 April, akan tetapi Nintendo akan melangsungkan online play test terlebih dulu pada 18 - 20 Februari. Lebih lanjut, Nintendo juga menjanjikan sejumlah konten ekstra ke depannya, termasuk jenis olahraga baru, yakni golf.

Taiko no Tatsujin: Rhythm Festival

Penggemar seri game Taiko no Tatsujin bakal kedatangan permainan baru tahun ini. Total ada 76 lagu yang dapat dimainkan, belum termasuk 500 lebih yang dapat diakses via paket subscription opsional.

Triangle Strategy

Tactical RPG terbaru dari Square Enix ini bakal resmi meluncur ke Switch pada 4 Maret 2022. Buat yang sudah tidak sabar, mereka bisa memainkan versi demonya yang mencakup chapter pertama sampai ketiga. Lalu saat versi penuhnya sudah tersedia, mereka dapat mentransfer progresnya dan langsung melanjutkannya hingga tamat.

Cuphead - The Delicious Last Course

DLC terakhir Cuphead akan hadir pada 30 Juni 2022 di seluruh platform, termasuk di Switch. Selain dunia dan musuh baru, DLC ini juga bakal mendatangkan karakter baru bernama Ms. Chalice.

Metroid Dread

Buat yang belum puas memainkan Metroid Dread, Nintendo baru saja merilis update gratis yang mendatangkan dua tingkat kesulitan baru: Dread Mode buat yang merasa game-nya terlalu gampang, dan Rookie Mode buat yang merasa game kelewat sulit. Lalu di bulan April mendatang, Metroid Dread akan kembali menerima pembaruan cuma-cuma yang menghadirkan mode anyar bernama Boss Rush.

EarthBound & EarthBound Beginnings

Lewat EarthBound dan EarthBound Beginnings, Nintendo pada dasarnya memberikan alasan kuat bagi pengguna Switch untuk berlangganan layanan Online-nya dan memainkan RPG legendaris dari platform SNES dan NES ini.

Mario Kart 8 Deluxe

Di mana Mario Kart 9? Entahlah. Yang ada malah DLC baru lagi untuk Mario Kart 8 Deluxe. Kali ini berjudul Booster Course Pass, DLC tersebut bakal menghadirkan total 48 course anyar dalam enam gelombang hingga 2023. Beberapa di antaranya adalah remaster dari course lawas seperti Wii Coconut Mall, N64 Choco Mountain, dan Tour Tokyo Blur.

Xenoblade Chronicles 3

Salah satu RPG open-world andalan Nintendo di samping Zelda ini akhirnya kedatangan sekuel baru. Xenoblade Chronicles 3 dijadwalkan hadir pada September 2022, dan game ini bakal menyajikan kisah baru yang menghubungkan masa depan dari dunia-dunia di Xenoblade Chronicles dan Xenoblade Chronicles 2.

GetsuFumaDen: Undying Moon dan beberapa game sisanya

Dalam presentasi Direct edisi Februari 2022, Nintendo juga sempat menyelipkan cuplikan-cuplikan pendek dari beberapa game baru lain, di antaranya GetsuFumaDen: Undying Moon (sudah rilis), Lego Brawls (musim panas 2022), Demon Slayer - Kimetsu no Yaiba - The Hinokami Chronicles (10 Juni), Two Point Campus (17 Mei), dan Zombie Army 4: Dead War (26 April).