30 June 2022

by Glenn Kaonang

NFT Kini Tersedia di Blockchain Chia

Menurut pengembangnya, ekosistem NFT Chia dirancang agar lebih ramah lingkungan ketimbang Ethereum, sekaligus lebih stabil daripada Solana

Sampai saat ini, Ethereum masih merajai pasar NFT secara global, disusul oleh Solana di posisi kedua. Hal ini terkadang membuat kita lupa kalau NFT sebenarnya juga eksis di beberapa blockchain lain, macam Tezos, Cardano, maupun Avalanche. Yang terbaru, NFT kini juga resmi hadir di Chia, blockchain yang sempat menjadi buah bibir tahun lalu berkat mekanisme proof-of-space-and-time-nya (PoST) yang unik.

Lewat sebuah siaran pers, Chia Network mengumumkan peluncuran resmi standar NFT1 di jaringan utamanya, hanya beberapa minggu setelah menguji iterasi sebelumnya di testnet. Dijelaskan pula beberapa keunggulan yang bisa didapat dari ekosistem NFT di Chia, di antaranya riwayat transaksi dan data asal muasal yang lebih konsisten, serta peningkatan aspek yang berkaitan dengan keawetan aset NFT.

COO Chia, Gene Hoffman, berkomentar mengenai peluncuran ini, "Kami selalu mengambil pendekatan yang unik untuk teknologi blockchain kami dan NFT1 adalah perluasan dari nilai dan misi kami sebagai sebuah organisasi. Produk NFT kami meningkatkan transparansi, penerapan, dan mendukung kasus-kasus penggunaan baru untuk barang digital."

Kepada Decrypt, Gene menjelaskan bahwa platform NFT Chia dirancang agar lebih ramah lingkungan ketimbang Ethereum, sekaligus lebih stabil ketimbang Solana. Kendati demikian, Gene juga menambahkan bahwa Chia pun butuh sejenis solusi scaling Layer-2 seperti Ethereum agar bisa memfasilitasi proses minting NFT dalam skala besar. Pasalnya, secara teknis Chia hanya bisa menangani sebanyak 30 transaksi per detik (lebih banyak dari Ethereum, tapi masih jauh lebih sedikit ketimbang Solana).

Untuk merayakan kehadiran produk NFT di Chia, Chia Network pun telah menyiapkan koleksi NFT-nya sendiri yang bertajuk Chia Friends. Koleksi ini terdiri dari 10.000 aset NFT generatif di kategori PFP atau foto profil, dan akan dibagikan secara acak ke komunitas pengguna Chia. 100% royalti dari hasil penjualannya akan didonasikan ke The Marmot Recovery Foundation.

Bagi yang tertarik mendalami ekosistem NFT di Chia, saat ini sudah ada dua marketplace yang bisa dikunjungi, yaitu SkyNFT dan Dexie.