Dark
Light

New Frontpage Yahoo! Indonesia: Now Live!

2 mins read
December 17, 2009

yahooBerita gembira bagi anda yang selalu mengikuti perkembangan Yahoo!, khususnya Yahoo! Indonesia.
Frontpage Yahoo! Indonesia yang baru sudah bisa dinikmati dan banyak pilihan aplikasi seru yang bisa dicoba.

Setidaknya ada 5 fitur utama yang bisa mulai dicoba, fitur itu adalah ‘menambah aplikasi’, ‘update info terkini’, ‘fungsi pick news’, dan ‘update status’.

Frontpage Yahoo! Indonesia memungkinkan user menambah aplikasi-aplikasi pada sidebar halaman utama, beberapa aplikasi familiar yang bisa ditambahkan ke sidebar adalah e-mail, setidaknya ada 3 pilihan email, yang tersedia secara default, AOL, Yahoo! Mail, dan G-mail. Di aplikasi ini anda bisa melihat tampilan daftar email-email yang berlum terbaca, untuk melihat lengkap, telah ada pilihan khusus, anda cukup mengkliknya saja.

Lalu untuk social networking, secara default telah ada aplikasi Friendster dan Facebook, untuk Facebook anda bisa menikmati feed time line akun Facebook anda langsung dari frontpage Yahoo! Indonesia.

Untuk anda yang menggunakan Yahoo! sebagai sumber bacaan berita-berita terkini, Yahoo! juga telah menyediakan setidaknya beberapa tab khusus berita seperti Kompas, Kontan online, Kapanlagi.com, Tempointeraktif, Vivanews.com, serta beberapa situs berita lain.

Juga tersedia apps untuk games, kategori musik dan tentu saja Messenger. Menurut saya, fokus utama the new front page Yahoo! Indonesia ini adalah kustomisasi atawa personalisasi, dengan tagline ‘fitur-fitur pintar yang membuat anda selalu terdepan’, Yahoo mencoba dekat dengan user mereka, tentunya dengan menghadirkan berita-berita yang paling aktual dan populer di Indonesia, serta aplikasi dan fitur yang sesuai dengan karakter user Indonesia, mengingat personalisasi adalah titik utama dalam Frontpage Yahoo Indonesia ini, tentu saja anda bisa menambahkan situs-situs favorit anda yang lain.

Untuk aplikasi news, Yahoo! memberikan kemudahan bagi anda yang membutuhkan berita terkini secara cepat, dengan fasilitas ‘lihat dulu sebelum mengklik’, Yahoo! menyediakan sebuah fitur yang memungkinkan user untuk melihat dulu ringkasan berita yang menjadi headline di Yahoo! news, agar hanya berita yang sesuai dengan preferensi user saja yang akan dipilih.

Tidak ketinggalan DailySocial juga mempunyai sebuah aplikasi yang bisa ditambahkan pada sidebar tambahkan URL ini (http://apps.yahoo.com/-POLXph4s/) pada sidebar anda agar tidak ketinggalan berita-berita dan update seru dari dailysocial.net. 🙂

Aplikasi Yahoo! Search, ada di bagian paling atas di layout Frontpage Yahoo! Indonesia yang baru, ini bisa menjadi salah satu langkah bagi Yahoo!, yang memang sudah cukup akrab dengan pengguna Indonesia untuk menambah kedekatannya dengan para user dan menajamkan perannya dalam customize search engine. Dengan kesibukan user dalam berinternet ria yang semakian bertambah, menyediakan aplikasi ‘one-stop-site’ memang menjadi strategi andalan terutama untuk giant seperti Yahoo!.

Tingkat persaingan ‘one-stop-site’ juga terus meningkat, iGoogle serta aplikasi seperti Netvibes dengan Wasabi-nya tentu akan berhadapan dengan Yahoo! Indonesia ini. Meski, salah satu strategi yang patut di puji yang dilakukan oleh Yahoo dalam membuat situsnya selokal mungkin memang patut diacungi jempol. Masih ingatkan artikel tentang bagaimana Yahoo berhasil mengalahkan Google hanya di Indonesia?

Untuk integrasi default dengan Twitter, memang belum ada, tapi ada fasilitas yang dibuat pihak ketiga yang bisa digunakan, namanya Tweetooooo, saya telah mencobanya dan berjalan cukup baik, meski minim fasilitas. Bisa jadi ini merupakan dampak belum adanya kerjasama yang intens antara Yahoo dengan Twitter, tidak seperti  halnya Google dengan Twitter, kejadiannya mirip dengan real-time search.

Satu fitur yang paling saya sukai adalah fitur yang memungkinkan user melihat berita yang paling dicari di tahun 2009, letaknya dibagian kanan frontpage, ada 3 pilihan negara dengan beberapa pilihan jenis konten, jika anda mengkliknya maka akan muncul tampilan mirip video yang akan menjelaskan tentang trend pencarian di tahun 2009, lengkap dengan grafik dan UI yang keren dan youth banget. Anda harus mencobanya dan melihat, cara-cara Yahoo! menerjemahkan strategi mereka untuk mendekati user urban dan anak muda. 🙂

Sudah mencoba Frontpage terbaru Yahoo! Indonesia ini? Bagaimana pendapat anda, jangan lupa untuk share pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Facebook: Siap-siap(lagi) Untuk Fasilitas Reply Via E-mail

Next Story

Netvibes Wasabi Edition, Hibrida Startpage dan RSS Reader

Latest from Blog

Don't Miss

Flickr Perbarui Ketentuan Terkait Layanan Premium dan Gratisannya

Yang ditunggu-tunggu oleh pengguna loyal Flickr akhirnya datang juga. Flickr
Yahoo Together Resmi Diluncurkan di Android dan iOS

Yahoo Together Menyerupai Slack, Tapi Lebih Dirancang untuk Keluarga dan Teman

Setelah mematikan Yahoo Messenger pada bulan Juli lalu, Yahoo kembali