28 January 2016

by Yoga Wisesa

Netmarble Luncurkan Game Shooter Online Berformula RPG, Hounds

Permainan menyajikan fitur-fitur khas RPG semisal opsi kelas, pemilihan skill dan pengelolaan karakter.

Walaupun publik semakin familier dalam mengakses platform distribusi digital, info terbaru dari SuperData mengungkap bahwa permainan-permainan free-to-play masih merupakan penghasil keuntungan terbanyak. Namun menariknya, sebagai kontestan berpengalaman di ranah F2P, Netmarble malah menghidangkan karya terbaru mereka secara premium.

Di tanggal 27 Januari 2016, perusahaan hiburan Korea Selatan itu mengumumkan peluncuran global Hounds: The Last Hope, sebuah permainan shooter online. Ia sedikit berbeda dari konsep shooter pada umumnya. Aspek pertama yang membuatnya unik adalah penggunaan perspektif orang ketiga, bukan first-person seperti Counter-Strike. Kemudian, Netmarble juga membubuhkan bumbu role-playing.

Hounds mengambil latar belakang sejarah fiksi tahun 1960-an di Amerika, mengisahkan bangkit dan runtuhnya proyek SETI (search for extraterrestrial intelligence) yang berujung pada invasi Wickbrokes. Makhluk-makhluk ganas dari ruang angkasa ini datang ke Bumi karena mengikuti sinyal SETI. Anda bermain dengan sebuah misi: melindungi manusia dari serangan alien dan mutan berbahaya.

Via rilis pers, president of overseas Netmarble Seungwon Lee berjanji kreasi baru mereka ini 'menyuguhkan petempuran seru, grafis cantik dan jalan cerita yang belum pernah Anda dengar sebelumnya' (meski bagi saya sinopsisnya mirip XCOM). Lee juga berharap, fans Netmarble menyukai Hounds dan saling mengajak kawan-kawannya untuk bergabung 'menyelamatkan dunia dari Wickbrokes'.

Game menyajikan fitur-fitur khas RPG semisal pilihan kelas, pemakaian skill berbeda dan pengelolaan karakter. Tiap misi mempunyai Story Mode, memungkinkan Anda berperan sebagai tokoh utama. Player dapat menciptakan jalan cerita mereka dengan menyusun ulang misi-misi tersebut. Kemudian jika Anda sedang ingin beraksi sendirian, tersedia mode PvE.

Di sana, Hounds menawarkan tingkat kesulitan rendah demi memudahkan Anda bermain sendiri. Tapi supaya bisa melanjutkan game, kita harus tergabung dalam tim. Tiap chapter Hounds memiliki lima level utama, lima Inter Mission dan satu Boss Mission. Mode Sub Mission dan Special Mission juga dapat dnikmati, terpisah dari narasi permainan. Hounds juga diperkaya mode player versus player, antara lain Death Match, Explosive Match, Occupation Match, Close Combat dan Advanced Match.

Saat memulai, Anda bisa menentukan nama, jenis kelamin serta kelas - Assault, Specialist Support serta Tech. Dan layaknya RPG, tiap kali mengalahkan musuh, karakter akan memperoleh poin XP serta perlengkapan yang lebih mumpuni.

Hounds: The Last Hope sudah bisa dibeli dan dimainkan via Steam. Di masa promosi sampai tanggal 4 Februari nanti, ia dibanderol seharga Rp 190 ribu.