NetEase Buat Developer Game di Amerika Serikat, Jackalope Games

Nantinya Jackalope Games akan dipimpin oleh Jack Emmert, mantan CEO di Cryptic Studio.

Salah satu publisher terkenal asal Tiongkok, NetEase Games baru saja menginjakkan kakinya ke Amerika Serikat. Studio game tersebut melakukan ekspansi dengan mengumumkan studio baru bernama Jackalope Games.

Nantinya studio milik NetEase tersebut akan memulai fokus utamanya di pengembangan game online berbasis multiplayer baik untuk PC dan konsol.

Untuk saat ini Jackalope Games tidak akan berfokus pada game-game mobile atau smartphone, keputusan yang unik dari NetEase untuk ekspansinya di Amerika Serikat.

Untuk pendanaan, operasional, serta proyek game perdana Jackalope Games tidak akan disokong dana dari pihak manapun, melainkan bersumber langsung dari dana internal pihak NetEase.

Sumber: Industry Biz

Jackalope Games sendiri berpusat di Austin, Texas dan akan membebaskan para karyawannya untuk bekerja secara remote atau dari mana saja. Untuk mengusung misi ambisiusnya, NetEase menunjuk Jack Emmert yang berpengalaman di game MMO.

Jack Emmert sendiri memiliki rekam jejak yang sangat hebat, salah satunya menjadi CEO di Cryptic Studios, Head of Games di Daybreak Game Company, dan lain sebagainya.

Proyek game yang pernah digarap oleh Jack Emmert juga sangat menarik seperti City of Heroes, Star Trek Online, DC Universe Online, hingga Neverwinter.

Jack Emmert. Sumber: Games Industry

"NetEase Games merupakan tempat terbaik bagi diriku dan timku untuk terus berkembang," ujar Jack. "Kami memiliki semangat yang sama untuk membuat dunia game online yang menarik bagi para gamer di seluruh dunia." Tambahnya.

Meski sudah hadir, bisa dibilang langkah NetEase untuk ekspansi di Amerika Serikat sedikit lebih telat dibanding pesaingnya. Tencent sendiri sudah melakukan investasi besar-besaran untuk pengembangan tim di Amerika Utara.

TiMi Studio dari Tencent sudah membuka kantornya di Montreal, lalu dilanjutkan dengan mengakuisisi studio Team Kaiju dan studio Inflexion yang fokus menggarap proyek game AAA di PC dan konsol.

Sejarah Singkat NetEase Games

Sumber: NetEase

NetEase Games sendiri didirikan pada tahun 1997 dan berlokasi di Guangzho, Tiongkok. NetEase sudah mengembangkan dan mengoperasikan video game di platform PC dan mobile, serta layanan digital lainnya di Tiongkok. Perusahaan ini termasuk salah satu yang terbesar di dunia dalam kategori perusahaan internet dan pengembangan video game.

Beberapa contoh game besutan NetEase adalah Identity V, Rules of Survival, Marvel Super War, Knives Out, Life After, hingga Omyoji dan Onmyoji Arena.