16 June 2022

by Glenn Kaonang

Nansen Connect Siap Menjadi Pengganti Discord yang Lebih Aman Bagi Komunitas Web3

Penentu identitas di Nansen Connect adalah alamat crypto wallet, sehingga Anda tak bisa sembarangan bergabung ke komunitas tanpa menjadi pemilik asetnya

Discord adalah tulang punggung ekosistem NFT. Nyaris semua komunitas NFT memiliki server Discord. Namun tidak jarang juga, Discord justru membuka celah besar bagi para peretas untuk melancarkan serangan-serangannya. Contohnya insiden yang terjadi di server Discord resmi Bored Ape Yacht Club baru-baru ini, yang berujung pada dicurinya aset-aset NFT dengan nilai mencapai 5,6 miliar rupiah.

Salah satu co-founder Yuga Labs (perusahaan pencipta Bored Ape) menyalahkan Discord atas insiden tersebut dan menyuarakan keluhannya lewat Twitter. Menurutnya, ekosistem Web3 butuh platform komunikasi lain yang memprioritaskan keamanan. Tanpa perlu menunggu lama, kini sudah ada opsi alternatif pengganti discord dari Nansen. Penyedia jasa analitik blockchain tersebut baru saja mengumumkan aplikasi pesan khusus Web3 bernama Nansen Connect.

Tidak seperti di kebanyakan aplikasi pesan yang menggunakan nomor telepon, alamat email, atau username sebagai penentu identitas, Nansen Connect sepenuhnya mengandalkan alamat crypto wallet sebagai identifikasi masing-masing pengguna. Dari situ, pengguna kemudian bisa bergabung dengan grup-grup tertentu berdasarkan aset crypto atau NFT yang disimpannya. Dengan kata lain, yang bisa mendapatkan akses ke komunitas tertentu hanyalah mereka yang memang tercatat di blockchain sebagai anggota.

Nansen Connect dideskripsikan sebagai platform sosial yang amat transparan bagi mereka yang aktif di dunia crypto. Anda bisa bercengkerama dalam satu grup selagi memantau isi wallet dari masing-masing anggota grup tersebut. Komunikasi satu lawan satu pun juga sepenuhnya didukung, lengkap dengan enkripsi end-to-end demi memaksimalkan keamanan.

Sebelum ini, Nansen sudah menjadi semacam hub yang cukup populer di kalangan trader crypto dan NFT berkat beragam insight menarik yang diberikan yang bisa membantu memprediksi pergerakan pasar. Mengolah data dan membaca aktivitas dari jutaan alamat di Ethereum merupakan makanan sehari-hari buat Nansen, dan berevolusi menjadi sebuah platform sosial sejatinya merupakan langkah yang natural buat mereka.

Versi beta dari Nansen Connect saat ini sudah tersedia untuk kalangan terbatas: para pelanggan layanan analitik Nansen, serta pemilik NFT Ethereum kelas kakap macam Bored Ape Yacht Club, Moonbirds, Doodles, Azuki, CloneX. Koleksi-koleksi NFT elit ini akan mempunyai channel resminya sendiri di Nansen Connect, dan pengguna bisa otomatis bergabung dengan menjadi salah satu pemilik.

Sumber: Decrypt dan Nansen.