Dark
Light

Naim Luncurkan Mu-so Qb, Speaker Nirkabel Premium Berukuran Ringkas

1 min read
January 14, 2016

“Ukuran itu tidak penting.” Anda pasti sering mendengar kalimat ini terlontar dari seseorang dalam berbagai konteks. Di konteks perangkat audio, khususnya speaker, ukuran memang cukup berpengaruh dalam menghasilkan suara yang keras. Tapi keras saja belum tentu enak, dan sekarang pun ada banyak speaker berukuran ringkas yang tidak kalah berisik dari saudara-saudaranya yang lebih bongsor.

Salah satu yang terbaru datang dari pabrikan audio tersohor asal Inggris, Naim. Tahun lalu, mereka mulai menekuni lini speaker nirkabel dengan meluncurkan Naim Mu-so. Tahun ini, di hadapan pengunjung event CES 2016 minggu kemarin, mereka memperkenalkan Mu-So Qb, adik kecil Mu-so yang tidak kalah wah dari segi desain maupun performa.

Nama Qb diambil dari wujudnya yang berbentuk kubus, dengan dimensi 210 x 218 x 212 mm dan bobot 5,6 kg. Wow, berat sekali untuk ukuran speaker sekecil ini? Yup, karena selain terbentuk dari kombinasi material polymer dan kaca, Qb juga mengemas lima unit driver yang fenomenal.

Naim Mu-so Qb

Sepasang tweeter yang berada di bagian atas diposisikan miring ke kiri dan kanan untuk memaksimalkan penyebaran suara pada frekuensi tinggi. Sama halnya dengan di frekuensi tengah, dimana sepasang driver mid-range miliknya juga diposisikan miring. Keempat unit driver ini masing-masing ditenagai oleh amplifier Class-D berdaya 50 watt.

Terakhir yang melengkapi adalah sebuah woofer yang ditenagai oleh amplifier 100 watt dan sepasang radiator, bertugas mengguncang tubuh Anda dengan dentuman bass yang luar biasa. Jadi kalau ditotal-total, speaker kecil ini bisa menyemburkan daya total 300 watt dari kelima unit driver-nya.

Tak hanya penempatan driver yang diperhatikan, Naim juga membekali Mu-so Qb dengan prosesor sinyal digital 32-bit yang sama seperti milik Mu-so standar. Pengguna bisa memilih dua pengaturan equalizer guna mengoptimalkan kualitas suara yang dihasilkan berdasarkan posisinya di dalam ruang – apakah berada di dekat tembok atau di tengah-tengah ruangan.

Naim Mu-so Qb

Pengoperasian Mu-so Qb mengandalkan panel sentuh yang terletak di permukaan atasnya, yang dikitari oleh kenop volume berbahan aluminium. Kendati demikian, pengguna juga bisa melakukan pengaturan lebih lanjut lewat aplikasi pendamping yang tersedia di Android maupun iOS.

Kecil, cantik dan bertenaga, Mu-so Qb turut dibekali konektivitas yang cukup lengkap. Selain Bluetooth, pengguna juga bisa menyambungkannya ke perangkat NAS lewat Ethernet, kemudian ada pula sambungan Wi-Fi yang kompatibel dengan sistem AirPlay besutan Apple. Input digital dan analog pun juga tersedia, begitu juga dengan jack standar 3,5 mm. Masih kurang? Mu-so Qb mengemas port USB sehingga Anda bisa memutar lagu yang tersimpan di dalam flashdisk.

Kalau Anda punya dana yang cukup, Anda bahkan bisa menyambungkan lima Mu-so Qb sekaligus – atau dengan speaker nirkabel lain dari Naim – lalu menempatkannya di lima ruangan yang berbeda dan memutar lagu yang sama. Saya katakan harus punya dana cukup karena satu unit Naim Mu-so Qb saja dibanderol seharga $860, dan muilai dipasarkan pada bulan Maret mendatang.

Sumber: Gizmag dan Naim.

Previous Story

Asus Live, Keluarga Baru Smartphone Asus

Next Story

Nikmati Gambar Kualitas Bioskop di Rumah Anda dengan BenQ Home Video Projectors W2000

Latest from Blog

Don't Miss

Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony belum lama ini mengumumkan peluncuran tiga mikrofon nirkabel baru:
Sony Hadirkan Earbud TWS WF-1000XM5 For The Music, Bawa Peredam Suara Terbaik dari Sony

Sony Hadirkan Earbud TWS WF-1000XM5 For The Music, Bawa Peredam Suara Terbaik dari Sony

Saat ini, Anda dapat menjumpai banyak sekali truly wireless earbuds