Dark
Light

MySpace Akuisisi iLike

1 min read
August 19, 2009

MySpace dibawah kepemimpinan CEO yang baru Owen Van Natta beberapa hari lalu menyelesaikan proses akuisisi terhadap iLike sebesar 20 Juta dollar. iLike adalah sebuah layanan social media yang memiliki engine rekomendasi musik yang selama ini bersaing dengan Last.fm. Sejak diluncurkan tahun 2008 lalu, iLike sudah menjadi salah satu aplikasi terbesar di situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Bebo, dan Hi5.

Ini merupakan akuisisi pertama yang dilakukan oleh MySpace sejak memiliki CEO Owen Van Natta yang baru masuk menggantikan DeWolfe bulan April lalu. Langkah ini pun menginsyaratkan bahwa MySpace sedang membangun sebuah kerajaan musik online, setelah MySpace menjadi situs yang populer di kalangan pecinta musik dan band indie. MySpace juga akhirnya meluncurkan MySpace Music beberapa waktu silam, dimana pengguna bisa mendengarkan musik secara cuma-cuma, mem-follow artis favorit mereka dan lain-lain.

Posisi ini tentu menjadi canggung, terutama urusannya dengan Facebook, dimana iLike memiliki basis pengguna sebesar 10 juta member dari Facebook. Dari sini tentu akan lebih mudah bagi MySpace untuk mengakuisisi pengguna baru dari Facebook menuju MySpace melalui iLike Facebook App.

Beberapa waktu lalu MySpace memang sempat mengalami kesulitan ketika News Corp terpaksa memecat CEO sekaligus Founder (DeWolfe) dan digantikan oleh Van Natta. Van Natta yang sebelumnya bekerja untuk Facebook, sepertinya ingin memperkecil pasar dari MySpace, lebih fokus ke musik dan band. Facebook, kompetitor mereka, selama ini pun mengindikasikan bahwa mereka sedang ingin mengembangkan sebuah channel khusus untuk musik dan band di jejaring sosial tersebut. Terutama melihat fakta bahwa Owen Van Natta sebelumnya merupakan CEO dari Project Playlist.

Langkah ini membawa MySpace 1 langkah di depan di bidang pengelolaan musik dibandingkan dengan Facebook, dan dengan basis masa yang cukup besar di Facebook maka akan mempermulus jalan mereka. Tinggal kita tunggu apa reaksi dari Facebook 🙂

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

SSL3 Was Awesome!! Let’s Do It Again!

Next Story

Jual Beli Musik Indie di PasarMusik

Latest from Blog