5 January 2018

by Yoga Wisesa

MyFirst Fone Ialah Smartphone Berwujud Smartwatch Untuk Anak-Anak

Fungsi utamanya adalah memudahkan komunikasi antar anggota keluarga, serta mengurangi kecemasan orang tua terhadap apa yang diakses oleh buah hatinya.

Salah satu dilema terbesar orang tua adalah memberikan smartphone ke buah hati mereka. Smartphone merupakan perangkat ideal untuk menghubungkan tiap anggota keluarga. Namun dengan memperkenankan anak-anak menggunakannya, Anda harus memberikan perhatian ekstra karena device ini berpotensi mengekspos mereka terhadap hal-hal berbahaya.

Keadaan ini memotivasi tim MyFirst untuk mencari solusi. Setelah melewati tahap riset dan pengembangan intensif, mereka memperkenalkan produk bernama MyFirst Fone. MyFirst Fone adalah perpaduan smartphone dengan smartwatch, didesain khusus buat si buyung. Fungsi utamanya ialah memudahkan komunikasi antar anggota keluarga, serta mengurangi kecemasan orang tua terhadap apa yang diakses oleh buah hatinya.

MyFirst Fone betul-betul memberikan sejumlah fitur yan esensial bagi komunikasi, serta memungkinkan Anda mengetahui keberadaan si buyung. Hybrid smartphone-smartwatch ini mempersilakan pengguna untuk melakukan panggilan suara/video serta mengirim pesan teks dan emoji. Orang tua juga dapat memanfaatkan fungsi pelacakan GPS secara real-time, dan akan diperingatkan jika anak keluar dari jangkauan.

Perangkat ini bekerja secara mandiri, bersandar pada jaringan 3G buat melangsungkan panggilan video/suara baik ke smartphone Android ataupun iOS. Anak-anak dapat membalas pesan teks langsung via layar sentuhnya. Fitur GPS built-in-nya akurat hingga jarak 20-meter, sedangkan melacak posisi dalam ruang bisa tepat sampai radius 10-meter. Uniknya lagi, MyFirst Fone juga dapat berfungsi sebagai activity tracker, sanggup melacak jumlah langkah dan menghitung pembakaran kalori.

Fitur geofencing MyFirst Fone merupakan salah satu andalan tim MyFirst. Anda bisa menentukan jarak maksimal ke lokasi anak, misalnya 200-meter (dapat diperluas), via aplikasi mobile. Lalu ketika ia melewati batasan tersebut, sistem segera memberikan notifikasi. Fitur esensial lainnya ialah contact whitelist, memastikan perangkat ini hanya bisa dihubungi oleh nomor-nomor telepon yang sudah ditentukan.

MyFirst Fone didesain agar pas dikenakan di tangan kecil si buyung dan tahan terhadap cipratan air. Selain layar sentuh, ia dibekali kamera 1,3Mp, microphone, speaker, serta tombol darurat (juga tombol power). Baterai 600mAh internalnya dijanjikan bisa bertahan hingga 60 jam sebelum Anda harus melakukan isi ulang - via kabel ber-connector magnet. Slot SIM sendiri dapat ditemukan di sisi belakang.

Tim MyFirst saat ini sedang menjalankan kampanye crowdfunding di Kickstarter. Anda dapat memesan MyFirst Fone melalui situs tersebut, dijajakan seharga US$ 120. Jika kampanye ini sukses, produk akan didistribusikan pada bulan Maret 2018.