Esports Ecosystem

MPL MY/SG Season 6 Akan Dimulai Akhir Agustus 2020 Mendatang

03 Aug 2020 | Akbar Priono
Musim lalu Resurgence asal Singapura adalah juara MPL MY/SG Season 5. Siapakah yang akan merebut tahta tersebut dari tim Resurgence di musim ke enam.

Memasuki bulan Agustus, beberapa gelaran turnamen sudah mulai bergeliat dan mengumumkan tanggal pelaksanaannya. Dari skena MLBB, sebelumnya kita sudah melihat MPL Indonesia Season 6 yang akan bergulir bulan Agustus mendatang. Selain dari itu, MPL Malaysia/Singapura ternyata juga akan memulai musim ke-enam di bulan Agustus ini.

Tidak seperti Indonesia yang menggunakan Franchise model, MPL MY/SG masih menggunakan sistem turnamen terbuka pada musim ke-6 ini. Liga MLBB kasta utama untuk skena Malaysia dan Singapura ini mempertandingkan 10 tim, dengan komposisi berupa 6 tim berasal dari undangan langsung, dan 4 tim sisanya datang dari kualifikasi.

Tim Resurgence yang merupakan juara MPL MY/SG Season 5 mendapatkan undangan langsung untuk bertanding di MPL MY/SG Season 6. Resurgence akan ditemani oleh 5 tim lainnya, yaitu EVOS SG, Geek Fam, Todak, Team Boskurr, dan Orange Louvre Esports. Sementara itu, 4 slot sisanya diperebutkan pada hari Minggu lalu (26 Juli 2020) melalui babak kualifikasi.

Sumber: MLBB Official
Sumber: MLBB Official

Ada 500 tim memperebutkan 2 slot untuk tim dari Malaysia dan 2 slot untuk tim dari Singapura. Pada kualifikasi, Team SMG menjadi salah satu yang tampil mencolok. Mereka berhasil mengalahkan Ezzy Esports dengan skor meyakinkan 2-0 di babak final, dalam seri best-of-3. Selain Team SMG, Bella Ciao dari Malaysia juga jadi penampil lain yang tak kalah menarik. Bella Ciao tampil solid, walau sebenarnya merupakan pendatang baru. Bella Ciao akhirnya berhasil kalahkan ICON Esports dengan skor 2-0 di babak Final, sehingga berhasil lolos ke pertandingan liga MPL MY/SG Season 6.

Babak kualifikasi menghasilkan Team SMG, Bella Ciao, Forsaken, dan Divinity Esports, sebagai empat tim yang berhasil lolos ke MPL MY/SG Season 6. Dengan ini, maka berikut daftar 10 tim yang akan bertanding di MPL MY/SG Season 6.

  1. Resurgence – Invited (S5 Champion – SG)
  2. EVOS SG – Invited (S4 Champion – SG)
  3. Geek Fam – Invited (S3 Champion, S5 runner-up – MY)
  4. Todak – Invited (S4 runner-up, M1 third place – MY)
  5. Orange Louvre Esports – Invited (S5 third place – MY)
  6. Team Bosskurr – Invited (MY)
  7. Team SMG – Qualifiers (MY)
  8. Bella Ciao – Qualifiers (MY)
  9. Forsaken – Qualifiers (SG)
  10. Divinity Esports – Qualifiers (SG)

MPL MY/SG akan dimulai pada 28 Agustus 2020 mendatang, dengan babak Regular Season akan berlangsung setiap hari Jumat hingga Minggu selama 6 pekan ke depannya. Pertandingan lalu akan dilanjut dengan babak Playoff, yang diselenggarakan pada 23 Oktober 2020 mendatang. Musim lalu Resurgence berhasil menjadi juara MPL MY/SG Season 5, dapatkan tim asal Singapura tersebut mempertahankan tahtanya pada musim ini?