Esports Ecosystem

MPL Invitational 4 Regions Cup Hadir Sebagai Pengganti MSC 2020

04 Jun 2020 | Akbar Priono
MPL Invitational 4 Regions Cup melibatkan Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Myanmar. Memperebutkan Rp1 miliar, pertandingan dimulai 19 Juni mendatang.

Pasca Mobile Legends Professional League Indonesia Season 5 usai, para penggemar esports Mobile Legends biasanya sudah mengantisipasi pertandingan Mobile Legends Southeast Asia Cup. Tahun lalu, ONIC Esports akhirnya berhasil membuktikan posisi Indonesia sebagai yang terbaik di Asia Tenggara, setelah dua tahun sebelumnya Indonesia kerap gagal menggapai posisi juara.

Tahun 2020 ini seharusnya menjadi tahun ke-4 bagi MSC, namun gelaran ini terpaksa dibatalkan karena pandemi COVID-19 yang tak kunjung reda. Ketika merilis informasi tersebut, Moonton sudah menyebut bahwa mereka akan mengadakan turnamen pengganti MSC tersebut. Setelah beberapa saat, Moonton akhirnya membuka informasi tersebut bahwa turnamen tersebut adalah MPL Invitational 4 Regions Cup.

Sumber: Moonton
Walaupun MSC 2020 gagal terselenggara, tetapi ada MPL Invitational 4 Regions Cup hadir sebagai pengganti. Sumber: Moonton

Seperti namanya, MPL Invitational 4 Regions Cup ini melibatkan lebih sedikit negara dibanding dengan MSC. MPL 4 Regions Cup melibatkan Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Myanmar, sementara MSC juga melibatkan 5 negara lainnya termasuk Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Untuk format, MPL 4 Regions Cup melibatkan 12 tim. Mereka lalu bertanding dalam tiga fase, yaitu dua kali kualifikasi dan babak Playoff. Pada babak kualifikasi, 12 tim akan bertanding ke dalam tiga grup. Empat tim di masing-masing grup berlomba untuk jadi yang terbaik, memperebutkan 8 slot untuk bertanding di babak Playoff.

Babak kualifikasi dimulai 19 hingga 28 Juni 2020 mendatang, sementara babak Playoff akan digelar selama 3 hari berturut-turut, mulai dari 3 Juli hingga 6 Juli 2020 mendatang. Memperebutkan hadiah sebesar Rp1 miliar, kompetisi ini juga melibatkan dua tim MLBB terbaik Indonesia yaitu RRQ Hoshi dan EVOS Legends.

Hadiah kemenangan EVOS esports
Sumber: MPL Official Sites

“Juara MPL Indonesia akan bertemu dengan juara MY/SG. Bisa juga nantinya akan terulang pertandingan el clasico di babak final nanti. Banyak sekali kemungkinan di turnamen ini. Intinya, kami tidak ingin hanya menampilkan hiburan semata, tetapi juga menumbuhkan nasionalisme di jiwa pemuda Indonesia.” ucap Lucas Mao, Komisaris MPL Indonesia dalam rilis.

Menarik melihat bagaimana regional Asia Tenggara tetap punya ragam turnamen MLBB, walaupun sedang dalam keadaan pandemi COVID-19. Sebelumnya ada ONE Esports MLBB Invitational yang menambahkan Burmese Ghouls ke dalam daftar tim Undangan. Selain itu ada juga Razer SEA Invitational yang juga akan diadakan pada tanggal 3 Juli 2020 mendatang.