Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

MPL Brazil Diumumkan dan Jadi MPL Pertama di Luar Asia Tenggara

28 June 2021Yabes Elia

Moonton akhirnya memutuskan untuk melebarkan sayapnya ke Amerika Latin.

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Professional League (MPL) melebarkan sayapnya ke luar Asia Tenggara. Moonton mengumumkan bahwa liga esports profesional untuk MLBB akan menuju Brazil.

Moonton hanya mengatakan jika MPL Brazil akan datang “segera”. Detail lainnya masih belum diumumkan.

Saat ini, MPL memang hanya berjalan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia (sebagai yang pertama), Filipina, Singapura, Malaysia, dan Myanmar. Singapura dan Malaysia juga baru saja dipisah liganya setelah sebelumnya, MPL MY/SG berjalan selama beberapa musim.

Meski MPL memang bersifat regional, penonton MPL menunjukkan angka yang cukup besar. Musim terakhir (Season 7) dari MPL Indonesia berhasil mendatangkan 1,7 juta Peak Viewers. Sedangkan MPL Malaysia di musim terakhirnya juga berhasil mendatangkan Peak Viewers sebanyak 1,4 juta penonton. Di sisi lain, MPL Filipina berhasil mendapatkan Peak Viewers sebanyak 111.190 penonton. Semua data-data tadi dihimpun oleh Esports Charts.

Kami juga pernah membahas soal perbandingan antara penonton di MPL Indonesia dan negara-negara lainnya sebelumnya.

Moonton nampaknya sudah siap untuk mengulang kesuksesan mereka di kawasan Amerika Latin, dimulai dari Brazil. Usaha ini bukanlah kali pertama Moonton mencoba menjajaki Brazil. Sebelumnya, MLBB: Brazil National Championship yang menyuguhkan total hadiah sebesar US$15 ribu berhasil mendatangkan 7,9 ribu Peak Viewers dengan 1,9 ribu Average viewers menurut Esports Charts.

Pemenang dari turnamen tersebut, DreamMax, mewakili Brazil dalam ajang M2 World Championship. Sayangnya, tim ini langsung gugur di babak Group Stage.

Keputusan Moonton untuk melebarkan sayap ke Brazil memang layak untuk diacungi jempol. Pasalnya, MLBB merupakan salah satu game esports terlaris dan bahkan MOBA mobile paling banyak pemainnya di dunia. Namun mereka sepertinya masih ragu untuk mengembangkan skena esports MLBB ke luar dari zona nyaman mereka, Asia Tenggara — khususnya Indonesia.

Image credit: Moonton

Di negara-negara MPL di Asia Tenggara, MLBB dan MPL bahkan mungkin bisa dibilang sebagai salah satu esports mobile paling berpengaruh di negaranya masing-masing — meski di negara-negara tersebut juga ada skena esports pesaing ketatnya di esports mobile yaitu Free Fire dan PUBG Mobile. Namun demikian, tak dapat dipungkiri, Free Fire dan PUBG Mobile memiliki skena esports yang lebih luas dan lebih berpengaruh di tingkat global. Jika Anda penasaran, kami pernah membuat perbandingan lengkap antara Free Fire dan PUBG Mobile dari berbagai aspek, termasuk skena esports-nya.

Apakah Brazil menjadi langkah awal MLBB menegakkan dominasi mereka sebagai esports mobile paling populer di dunia? Atau, jika gagal, justru Brazil menjadi bukti bahwa MLBB memang tak bisa keluar dari zona nyaman mereka di Asia Tenggara.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV