Dark
Light

Mozilla dan Foxconn Akan Rilis Tablet Berbasis Firefox OS pada 3 Juni?

1 min read
May 28, 2013

Akhir-akhir ini Mozilla semakin sibuk dengan berbagai upayanya untuk menghadirkan perangkat berbasis Firefox OS ke pasar. Setelah mengumumkan program “Phones for Apps for Firefox OS” yang akan memberikan ponsel Geeksphone berbasis Firefox OS gratis bagi para pengembang aplikasi untuk Firefox OS, kali ini Mozilla mengumumkan kerjasama dengan Foxconn untuk merilis perangkat baru yang berbasis Firefox OS.

Dikabarkan oleh harian lokal Taiwan, Focus Taiwan, pada hari Senin kemarin Mozilla mengumumkan kerjasamanya dengan Foxconn yang selama ini lebih terkenal sebagai produsen komponen-komponen untuk perangkat-perangkat buatan Apple, Hewlett-Packard, dan Nokia. Meski Foxconn memiliki label sebagai perusahaan produsen komponen perangkat elektronik terbesar di dunia, sepertinya Foxconn belum berpuas diri dengan hanya memproduksi komponen saja, dan ingin melakukan ekspansi dengan memproduksi juga perangkat elektronik untuk konsumen.

Mozilla dan Foxconn juga mengumumkan akan mengadakan konferensi pers untuk merilis perangkat Firefox OS baru pada tanggal 3 Juni nanti. Belum ada keterangan resmi perangkat seperti apa yang akan dirilis, namun berdasarkan keterangan dari sumber anonimus, Focus Taiwan berspekulasi bahwa perangkat tersebut adalah sebuah tablet, alih-alih sebuah ponsel pintar. Jika rumor ini benar, maka perangkat besutan Foxconn ini akan menjadi perangkat tablet pertama yang menggunakan sistem operasi Firefox OS.

Sejauh ini, perangkat berbasis Firefox OS sendiri cukup diminati oleh para pengembang aplikasi. Ponsel khusus untuk pengembang aplikasi, Geeksphone Keon dan Peak, terjual habis dalam durasi yang singkat sejak diperkenalkan oleh Mozilla pada bulan April lalu.

Bagaimana kiprah tablet berbasis Firefox OS ini nantinya? Atau bahkan, apakah benar perangkat besutan Foxconn ini akan berupa tablet? Pertanyaan-pertanyaan ini akan terungkap jawabannya pada 3 Juni nanti.

 

Sumber: Focus Taiwan via Slash Gear.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Facebook Bersama Telkomsel Luncurkan Koleksi Album Stiker “Wayang Unyu”

Next Story

Telkomsel Launches CWEETA, a USSD-based Messaging Solution

Latest from Blog

Don't Miss

Naming Rights Agreements in Esports

In recent years, more and more non-endemic brands have decided

Comparing the Olympics With Esports Tournaments: Which One Is More Profitable?

In recent years, the popularity of esports has skyrocketed. Even