Dark
Light

Mozilla Akan Bagikan Firefox Phone untuk Pengembang Aplikasi Firefox OS

1 min read
May 13, 2013

Banyaknya pilihan aplikasi yang tersedia adalah salah satu faktor penting untuk keberhasilan sebuah sistem operasi mobile. Sebagai pemain baru di ranah sistem operasi mobile, Firefox OS nampaknya menyadari pentingnya faktor ini. Hal ini dapat terlihat dari program terbaru yang dirilis oleh Mozilla mendekati peluncuran ponsel pintar berbasis Firefox OS (yang menurut rumor terakhir akan dirilis pada bulan Juni nanti). Apa program tersebut?

Dengan program terbaru ini, Mozilla mengajak para pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasi berbasis HTML5 bagi Firefox OS. Caranya cukup mudah, pengembang hanya perlu mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh Mozilla. Formulir tersebut kurang lebih berisi gambaran aplikasi apa yang hendak dibuat oleh pengembang.

Tentunya, perlu insentif agar bisa membujuk para pengembang untuk membuat aplikasi bagi Firefox OS. Apa insentif yang ditawarkan oleh Mozilla? Sebagaimana nama programnya, “Phones for Apps for Firefox OS”, insentif yang diberikan berupa perangkat Firefox Developer Phone. Jika formulir yang dikirimkan pengembang mendapat persetujuan dari Mozilla, pengembang tersebut akan mendapatkan ponsel Geeksphone Keon. Geeksphone Keon sendiri memiliki spesifikasi yang terbilang menengah saja dengan ukuran layar 3,5 inci, prosesor 1 GHz, memori RAM 512 MB, kapasitas penyimpanan internal 4 GB dan kamera belakang beresolusi 3 megapiksel.

Strategi semacam ini cukup lazim dilakukan oleh berbagai entitas yang ingin mempopulerkan platform miliknya ke publik. Misalnya saja, dalam rangka mempopulerkan sistem operasi BlackBerry 10,  BlackBerry mengadakan cukup banyak program yang memberi insentif bagi para pengembang untuk membuat aplikasi bagi BlackBerry 10 seperti Port-a-Thon. Pertanyaannya, berhasilkah program ini menghasilkan banyak aplikasi untuk Firefox OS nanti?

Untuk melihat informasi lebih lengkap mengenai program “Phones for Apps for Firefox OS” ini, Anda bisa mengunjungi tautan ini.

Previous Story

Layanan Pesan dari Google Akan Bernama Google Hangouts?

Next Story

Nokia Rilis Teaser Sebelum Acara di London 14 Mei Nanti

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Berkat Mozilla Rally, Aktivitas Browsing Kita Bisa Memberi Kontribusi ke Studi Ilmiah

Sudah menjadi rahasia umum kalau kemudahan mengakses informasi di internet

Layanan Mozilla VPN Resmi Meluncur dengan Tarif Bulanan $5

Tuntutan untuk bekerja dari rumah selama pandemi memicu peningkatan penggunaan