26 January 2018

by Yoga Wisesa

Monster Hunter: World Ialah Salah Satu Kandidat Kuat Game of the Year 2018 (Updated)

Sayang sekali gamer PC harus menunggu kehadirannya lebih lama.

Momen perilisan Monster Hunter: World diwarnai berita baik dan 'buruk'. Kabar gembiranya, peluncuran game action role-playing ini dilangsungkan sesuai jadwal, dan respons gamer serta media sejauh ini terdengar sangat positif. Berita kurang menyenangkannya sendiri hanya dirasakan oleh gamer PC. Versi Windows Monster Hunter: World baru akan dilepas di musim gugur nanti.

Sebagai ujung tombak franchise Monster Hunter dalam menerjang console generasi ke delapan dan PC, Capcom boleh berbahagia karena di awal tahun ini, Monster Hunter: World muncul jadi salah satu judul yang berpeluang merebut gelar Game of the Year. Simak rangkuman ulasan dari para reviewer ternama di bawah ini.

Polygon menyebut game ini sebagai 'permainan Monster Hunter untuk semua orang' karena tak seperti pendahulu-pendahulunya, ia tak lagi terlampau mengintimidasi. World tetap merupakan game yang kompleks, terutama karena skenario yang tak bisa diprediksi, ditambah lagi kesempatan menggunakan beragam jenis senjata. Di sisi positifnya, ia dapat memuaskan bermacam-macam jenis gamer. Polygon memberinya skor 9.

IGN juga memberi game ini nilai yang tinggi, yakni 9,5. Fans mungkin akan memperdebatkan apakah World ialah permainan Monster Hunter terbaik atau tidak, tapi yang jelas ia merupakan game Monster Hunter paling berani. Aspek desain, gameplay dan skala yang besar membuatnya terasa menyegarkan. Pertempurannya adiktif, monster-monsternya sangat mengintimidasi, lalu proses upgrade juga terasa berarti.

Game Informer menyodorkan skor setinggi IGN. Reviewer Daniel Tack tanpa ragu bilang bahwa Monster Hunter: World adalah permainan terbaik di seri ini. Ia merupakan gerbang masuk paling ideal buat para pemain baru, dan setelah mencicipi game ini, akan sangat susah untuk kembali menikmati Monster Hunter di console handheld karena sistem portable tak bisa menyajikan pengalaman bermain sebaik World.

Destructoid menyebut Monster Hunter: World sebagai 'sebuah dunia baru'. Grinding masih menjadi elemen utama di sana, tapi kali ini prosesnya jauh lebih simpel. Jika kebetulan Anda melewatkan game-game sebelumnya karena mereka terasa sama, World adalah permainan sempurna untuk memulai kembali petualangan ini. Menariknya, Capcom tidak merombak formula game terlalu jauh, sehingga para veteran tidak terusik.

Menurut Hardcore Gamer, pendaratan Monster Hunter: World menandai kehadiran hal-hal hebat di seri ini di masa depan. Game anyar itu merombak konsep Monster Hunter, namun tetap menjaga inti yang membuat franchise jadi istimewa dan mudah dinikmati pemain. World memberikan beragam cara bagi para pemburu untuk melancarkan aksinya: bisa melalui metode strategis atau dengan sekedar memanfaatkan metode brutal.

Di situs agregat reviewOpenCritic, saat artikel ini ditulis, Monster Hunter: World berhasil memperoleh skor rata-rata sementara 91 dari total 45 ulasan.

Update: Ada kesalahan dalam penulisan judul. Sudah diperbaiki.