Gadget News

Monitor Gaming 360 Hz Bikinan Asus Siap Dijual Bulan September

28 Aug 2020 | Glenn Kaonang
Bukan kebetulan timing-nya bertepatan dengan peluncuran GPU Nvidia Ampere

Pada event CES Januari lalu, Asus sempat memamerkan sebuah monitor gaming dengan refresh rate 360 Hz. Sesuai janji, produk tersebut bakal segera siap dinikmati oleh publik mulai bulan September mendatang.

Monitor bernama lengkap ROG Swift PG259QN ini bakal menjadi monitor 360 Hz pertama di dunia. Baik Acer maupun Alienware memang juga sudah punya monitor dengan level kecanggihan yang setara, namun sejauh ini monitor 360 Hz milik kedua perusahaan itu masih belum dipasarkan secara luas.

Asus di sisi lain sudah merincikan spesifikasi lengkap dari monitor ini. Panel layar yang digunakan adalah panel IPS 24,5 inci dengan resolusi 1080p dan waktu respon 1 milidetik. Dukungan HDR10 tersedia sebagai standar, demikian pula kompatibilitas dengan teknologi Nvidia G-Sync.

Asus ROG Swift PG259QN

“Kok cuma 1080p?” Faktor ini mungkin bisa jadi penentu utama bagi sebagian besar konsumen, tapi kita juga harus ingat bahwa spesifikasi PC yang dipakai juga harus benar-benar kelas sultan agar bisa menjalankan game di 360 fps demi memaksimalkan kapabilitas sebenarnya dari monitor ini.

Di resolusi 1440p dan di game CS:GO misalnya, bahkan GPU sekelas Nvidia GeForce RTX 2080 Ti pun akan kesulitan mempertahankan 360 fps secara konsisten di segala kondisi. Hal ini pada dasarnya juga menjelaskan timing dari peluncuran monitor 360 Hz besutan Asus ini.

Asus ROG Swift PG259QN

Pada tanggal 31 Agustus nanti, Nvidia hampir bisa dipastikan bakal memperkenalkan GPU generasi barunya, dengan RTX 3090 sebagai model yang pertama sekaligus yang membawa lompatan performa yang amat signifikan. Monitor ini bisa dibilang bakal menjadi tandem yang ideal buat kartu grafis tersebut.

Terkait konektivitas, tidak mengejutkan apabila monitor high-end seperti ini hadir membawa konektivitas yang lengkap, mulai dari tiga port USB 3.0, port DisplayPort 1.4, sampai port HDMI 2.0. Di Amerika Serikat, Asus ROG Swift PG259QN rencananya akan dijual seharga $699.

Sumber: Tom’s Hardware dan PC Gamer.