Gadget News
for SEO
Gadget News

Monitor 360 Hz Masih Mahal, Prototipe Monitor Gaming 500 Hz Malah Sudah Eksis

9 February 2022Glenn Kaonang

Produsen panel display asal Tiongkok, BOE, berhasil menciptakan monitor gaming 27 inci beresolusi FHD dengan refresh rate 500 Hz dan waktu respon 1 milidetik

Sudah menjadi rahasia umum kalau refresh rate adalah salah satu atribut terpenting dari monitor gaming, khususnya di kalangan gamer kompetitif. Semakin tinggi refresh rate-nya, semakin baik. Pertanyaannya, adakah batas maksimumnya?

Untuk sekarang, pertanyaan tersebut sepertinya masih belum bisa dijawab, sebab produsen panel display masih terus berusaha untuk meningkatkannya lebih jauh lagi. 360 Hz (refresh rate tertinggi dari monitor gaming yang bisa dibeli di pasaran saat ini) rupanya masih kurang, dan itu bisa dilihat dari rencana LG Display untuk mengembangkan panel monitor dengan refresh rate 480 Hz.

Indikasi lainnya datang dari BOE (Beijing Oriental Electronics). Salah satu produsen panel display terbesar asal Tiongkok itu baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menciptakan prototipe monitor gaming dengan refresh rate 500 Hz dan waktu respon 1 milidetik. Untuk mewujudkannya, BOE menyematkan high-mobility oxide backplane pada panel 27 inci beresolusi FHD tersebut. Atribut lainnya mencakup output warna 8-bit dan dukungan sinyal eDP 8-lane.

Namanya prototipe, monitor ini dibuat sebatas untuk keperluan demonstrasi saja. BOE sejauh ini sama sekali belum bicara soal rencananya untuk memproduksi panel monitor 500 Hz ini secara massal. Kalaupun ada rencana, kemungkinan kita masih harus menunggu cukup lama. Harganya pun hampir bisa dipastikan sangat mahal, terutama jika melihat harga monitor 360 Hz yang hingga saat ini bisa dibilang masih cukup premium.

Agar dapat memaksimalkan potensinya, kita pun perlu PC yang harganya tidak murah pula, dengan spesifikasi yang mencakup prosesor dan kartu grafis kelas sultan, yang mampu menghasilkan 500 fps secara konsisten di sejumlah judul game esport. Kenapa cuma esport? Ya karena target pasar utama monitor semacam ini adalah mereka yang sehari-harinya menghabiskan waktu di CS:GO, Valorant, dan lain sejenisnya.

Bicara soal monitor untuk keperluan gaming kompetitif, Nvidia belum lama ini mengajukan monitor 27 inci dengan resolusi 1440p dan refresh rate hingga 360 Hz sebagai standar baru monitor esport ke depannya, dengan alasan bahwa peningkatan resolusi dapat membantu meningkatkan akurasi bidikan pemain. Andai bisa memilih, manakah yang bakal Anda pilih: 1440p 360 Hz atau 1080p 500 Hz?

Sumber: Tom’s Hardware.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV