24 May 2017

by Yoga Wisesa

Monitor AOC Gaming Baru Mempersilakan Anda Memilih Resolusi dan Refresh Rate

Tersedia setting resolusi QHD dengan refresh rate 144Hz atau FHD di 240Hz.

Ketika meyusun hardware buat bermain, para gamer PC umumnya mencurahkan perhatian mereka pada bagian yang memengaruhi performa. Tapi tentu tanpa unit monitor berkualitas, komposisi hardware terbaik pun tidak akan bisa menyajikan konten secara maksimal. Dan melihat durasi penggunaannya, memilih monitor yang tepat merupakan investasi hiburan jangka panjang.

Saat mencari monitor, gamer PC menghadapi satu pertanyaan besar: lebih baik panel dengan resolusi standar namun dibekali refresh rate tinggi, atau refresh rate 'normal' beresolusi QHD hingga 4K. Tipe pertama mendukung game kompetitif, namun model alternatifnya sanggup menyuguhkan visual cantik. Bingung? Ada kabar baik untuk Anda. AOC memperkenalkan Agon AG251FG, monitor khusus gaming yang memperkenankan kita memilih resolusi dan refresh rate.

AOC Agon AG251FG adalah monitor TN seluas 24,5-inci dengan format 16:9, memiliki tubuh berwarna hitam-merah - warna khas perangkat gaming - dicantumkan ke stand Ergo Dial Base yang kokoh. Engsel di stand itu memungkinkan kita mengatur ketinggian (130mm) serta kemiringan (baik ke atas-bawah atau kiri-kanan).

Keunikan Agon AG251FG dibanding monitor gaming lain adalah kemampuannya menyajikan dua setup berbeda: resolusi 2560x1440 dengan refresh rate 144Hz atau resolusi full-HD (1920x1080) di tingkat refresh 240-Hertz. Refresh rate tinggi sangat membantu dalam kompetisi eSport yang menuntut responsivitas, sedangkan resolusi QHD membuat game-game blockbuster tampil lebih indah -meski 144Hz juga sama sekali tidak buruk buat ranah kompetitif.

Monitor tersebut turut ditunjang Nvidia G-Sync, dengan waktu respons 1-milidetik, tingkat kecerahan 400cd per meter persegi, rasio kontras 1000:1 dan viewing angle yang luas dari 160 sampai 170 derajat. Teknologi G-Sync menyelaraskan output GPU dengan layar, sehingga meskipun frame rate mengalami perubahan, efek screen tearing serta blur dapat diminimalisir, dan game tersuguh lebih mulus.

AOC juga turut melengkapi Agon AG251FG dengan fitur Shadow Control, berfungsi untuk menyesuaikan level kecerahan dan bayangan, menjaga warna tidak pudar serta tidak terlalu gelap. Produsen panel asal Taipei juga tidak melupakan kenyamanan penggunaan di waktu lama. Mereka membubuhkan teknolgi 'Flicker-free', juga memastikan output sinar biru ditekan ke tingkatan terendah. Sebagai pelengkap fitur hiburan, Agon AG251FG menyimpan sepasang speaker stereo 2W.

Berdasarkan informasi dari Guru 3D, Agon AG251FG rencananya akan mulai tersedia pada bulan Agustus 2017 nanti, ditawarkan di harga US$ 500.

Sumber: AOC Gaming.