Dark
Light

Moff, ‘Smart Toy’ yang Bisa Mengubah Benda Apapun Menjadi Mainan

1 min read
March 28, 2014

Ingatkah Anda beberapa belas tahun lalu, sebelum adanya mainan-mainan canggih, kita biasa menggunakan imajinasi sebagai bumbu bermain: menggunakan sapu sebagai senapan hingga ranting pohon sebagai pedang. Semangat itulah yang ingin dikembalikan para pencipta Moff, sebagai wearable smart toy pertama di dunia.

Menurut sang CEO Akinori Takagi, platform-platform dan mainan-mainan canggih seperti smartphone, video game dan tablet memiliki beberapa dampak buruk bagi kita, terutama para buah hati. Efek paling negatif adalah berkurangnya daya imajinasi serta penurunan tingkat kreativitas dan daya cipta. Moff memanfaatkan teknologi untuk membangkitkan lagi semangat itu.

 

Info menarik: Twitter Tambahkan Fitur Terkait Foto, Kini Bisa ‘Nge-Tweet’ 4 Foto Sekaligus

 

Mainan pintar ini mengambil bentuk berupa perangkat wearable dengan penampilan fisik sepeti jam tangan. Moff terintegrasi dengan mobile device dan aplikasi, cara kerjanya sangat unik: kenakan Moff di tangan Anda, unduh aplikasinya, kemudian ambil objek apa saja yang bisa Anda gunakan sebagai mainan – penggaris plastik misalnya. Kemudian pilih suara pedang pada app. Kini tiap kali Anda mengayunkan penggaris, Anda akan mendengar suara ayunan pedang.

Moff Smart Toy 01

Bukan hanya suara pedang, Anda juga bisa bermain a la Harry Potter dengan suara tongkat sihir, bermain gitar dengan sapu, bermain tenis imajinasi, golf, piano hingga suara pistol laser.

Jika sang buah hati memiliki mainan pesawat terbang – atau objek apapun yang dibentuk seperti pesawat terbang, Moff juga bisa mengeluarkan suara mesin jet. Jika Moff juga bisa mengeluarkan suara lightsaber, maka produk ini adalah device wajib untuk saya…

Dalam pengembangan versi awalnya, app Moff baru dirancang untuk sistem operasi iOS. Tim developer-nya berharap aplikasi juga akan tersedia untuk perangkat Android dalam waktu yang akan datang. Moff terkoneksi dengan smartphone melalui sambungan Bluetooth, settingnya sangat mudah karena Anda hanya tinggal mengunduh aplikasinya saja.

 

Info menarik: Google Umumkan ‘Android Wear’, Debut Perdana di Smartwatch Moto 360

 

Aplikasi Moff mendukung perangkat iPhone 4S, iPhone 5 dan iPhone 5S. Tim developer asal Tokyo Jepang ini menyebutkan bahwa Moff akan kompatibel dengan iDevice generasi lima atau yang lebih baru, tapi tidak menyebutkan iPhone 5C. Moff juga mendukung iPad terbaru, iPad mini dan iPad Air.

Dirancang dengan bahan silikon yang lembut namun kuat, Moff aman dimainkan oleh pengguna di semua umur. Produk ini memiliki sensor acceleration dengan tiga poros dan sensor gyroscope dengan tiga poros.

Untuk sumber tenaga, mainan pintar ini memanfaatkan baterai kepingan berjenis CR2032 yang tahan lama. Moff memiliki satu buah tombol dengan LED untuk mengakses menu, juga untuk mematikan dan menyalakannya.

Kampanye crowdfunding Moff sukses di Kickstarter, mereka telah mengumpulkan dana tiga kali lebih besar dari target stretch yang baru berakhir tanggal 10 April. Satu unit produknya ditawarkan dengan harga yang murah, hanya US$ 49 (untuk harga yang lebih murah sudah habis). Jika Anda membeli satu pasang, Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih ekonomis, US$ 88.

Previous Story

Microsoft Office Resmi Berlabuh di iPad

Next Story

Dinomarket Jadi Partner Resmi Platform Online Payment Gateway Samsung

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri
AI banyak dipakai dalam pembuatan game Firmament

AI Banyak Dipakai dalam Pembuatan Game Ini, Sejumlah Pemainnya Kecewa

Penggunaan generative AI di industri video game terus menuai kontroversi.