3 May 2014

by Yoga Wisesa

Mode Online Gran Turismo 5 Akan Segera Dinonaktifkan

Salah satu kekurangan terbesar pada platform gaming console dibandingkan PC adalah saat sang pemilik brand hardware memutuskan untuk berhenti mendukungnya, maka tidak ada lagi yang bisa gamer perbuat. Nasib yang sama akan segera menimpa Gran Turismo 5, publisher Sony berencana untuk mematikan dukungan mode online permainan racing ini.

Dirilis pada bulan November 2010, Gran Turismo 5 merupakan permainan eksklusif PlayStation 3 terlaris dan terjual lebih dari 10 juta kopi. Game balap ini mendukung mode balapan online hingga 16 pemain dan disajikan dengan fitur tingkat kerusakan mobil yang realistis.

Anda mendapatkan 1.000 jenis mobil, 26 lokasi dan 71 sirkuit berbeda. Grand Turismo 5 juga menjadi game pertama dari seri tersebut yang memiliki lisensi World Rally Championship, NASCAR dan Super GT.

 

Info menarik: Semakin Populer di Indonesia, UC Browser Rilis Pembaruan untuk Platform Android

 

Setelah Gran Turismo 6 dirilis Desember lalu, sepertinya Sony memutuskan untuk fokus pada sang pewaris tahta dan menghentikan dukungan mereka pada Gran Turismo 5. Namun fans tidak perlu bersedih, Sony akan mengadakan sebuah event besar-besaran terakhir yang memungkinkan Anda membuka seluruh mobil dalam Gran Turismo 6. Mereka menyebut event ini Gran Turismo 5 Online Event Finale.

Acara tersebut akan fokus pada dua sirkuit. Yang pertama adalah sirkuit uji coba milik Top Gear dimana Anda disajikan mobil Mazda Roadster TC 2011. Kemudian yang kedua adalah lintasan 24-hour Nürburgring dengan mobil Nisan GT-R N24 Schulze Motorsport tahun 2011.

Gran Turismo 5 Online Event Finale akan dimulai pada tanggal 30 Mei 2014. Anda hanya perlu mendaftarkan waktu lap (pastikan yang terbaik) saja, kemudian jangan lupa log-in ke Grand Turismo 6 dengan akun PlayStation Network yang sama dari antara tanggal 2 hingga 29 Juni.

Anda yang berpartisipasi akan dihadiahkan lima mobil baru dalam Gran Turismo 6, mereka adalah Abarth Grande Punto tahun 2009, Renault Sport Megane R.S. Trophy 2011, Nissan Fairlady Z (Z34) 2008, Tesla Motors Model S Signature Performance 2012 dan Subaru S206 NBR Challenge Package 2012.

 

Info menarik: Acer Perkenalkan Liquid Leap, Smart Band Fitness Pertama Mereka

 

Sebenarnya pengumuman mode online Gran Turismo 5 sudah terdengar sejak Januari lalu. Sony tampaknya tidak terlalu merasa khawatir karena mereka cukup yakin bahwa gamer yang menikmati Gran Turismo 5 sudah pasti beralih ke Gran Turismo 6. Tapi mungkin karena game terbaru Polyphony Digital dirilis secara eksklusif untuk PlayStation 3 setelah PlayStation 4 diluncurkan, penjualannya tidak setinggi sang pendahulu.

Untuk meyakinkan fans bahwa beralih ke seri Gran Turismo terbaru adalah hal yang disarankan. Sony juga merilis update 1.05 pada bulan Maret dengan fitur multi-monitor. Dan dengan update 1.06 yang dirilis satu bulan setelahnya, permainan ini memungkinkan Anda menciptakan wing custom yang bisa dirancang sesuai keinginan - pertama kalinya dalam franchise balap ini.

Sumber: IGN dan Eurogamer. Sumber gambar: Openwheeler.co.uk.