4 January 2016

by Yoga Wisesa

Modder Sekaligus Penggemar Star Wars Ciptakan PC Berbentuk Star Destroyer

Sang modder belajar mengenai teknik cutting laser selama dua tahun penuh sebelum memulai pengerjaan proyek ambisius ini.

Jumlah fans Star Wars di kalangan gamer tidaklah sedikit. Dan kita tahu, ada banyak sekali cara untuk memperlihatkan kegemaran terhadap kedua hal tersebut. Anda bisa membeli aksesori bertema Perang Bintang atau mengoleksi console edisi khusus. Namun mungkin belum ada seorangpun yang mampu menunjukkan kecintaan pada Star Wars seperti modder asal Belanda ini.

Di bawah nama Asphiax, Sander van der Velden menciptakan casing PC kustom unik yang turut berperan sebagai replika pesawat raksasa penyerbu milik Galactic Empire. Asphiax menamai mahakaryanya itu YAZI, sebuah miniatur Star Destroyer kelas Venator. van der Velden tidak hanya memerhatikan sisi penampilan semata, YAZI juga merupakan rumah bagi komponen-komponen canggih.

Sander van der Velden awalnya meracik YAZI Venator-class Star Destroyer untuk berkompetisi dalam kontes MSI Pro Mod Season 3. Begitu terkesannya sang produsen PC dan hardware dari Taiwan itu, MSI memutuskan buat memamerkan YAZI di ajang CES 2016. Penampilan luarnya sanggup membuat penggemar Star Wars terpana: tubuhnya sangat detail, dan ketika diaktifkan, lampu-lampu di samping akan menyala.

Bagian-bagian yang terlihat dicetak dari printer 3D, kemudian frame dibuat menggunakan aluminium. Karena ingin kreasinya sempurna, Sander belajar mengenai teknik cutting laser selama dua tahun penuh sebelum memulai pengerjaan YAZI. Versi kecil Venator-class Star Destroyer itu menyimpan fiber optic dengan panjang total melampaui 50-meter, disambungkan ke lambung pesawat.

Walaupun beberapa hardware memang bukan tipe teranyar, aspek kinerja sama sekali tidak dilupakan. Komponen-komponen diposisikan dekat lokasi mesin. Sang modder memutuskan untuk memilih motherboard MSI B150m Mortar, lalu membenamkan prosesor Intel Core i5 6600K 3.50GHz, kartu grafis MSI 780TI Lightning, RAM DDR4 Avexir Blitz 1.1 32GB, dan unit power supply Thermaltake ToughPower DPS G 850W.

Tentu modding tidak terasa lengkap tanpa sistem cooling berbasis cairan. Untuk YAZI Venator-class Star Destroyer, van der Velden memanfaatkan water block CPU Thermaltake Pacific W1, block GPU Diamond Cooling, pompa Thermaltake Pacific P1 Black D5 plus Silent Kit, serta radiator 480 40mm.

Buat penutup artikel ini, ada berita gembira untuk Anda: kita dipersilakan memesan casing tersebut langsung ke van der Velden. Ia tidak menyebutkan biaya secara spesifik, tapi upahnya pasti tidak murah. Sang modder menjelaskan, buat merampungkan proyek sekelas YAZI, ia membutuhkan waktu kira-kira tiga minggu.

Via Extreme Tech. Sumber: Blog Asphiax.