Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Kreator Mod untuk Minecraft Berhasil Mendapatkan Lebih dari US$350 Juta

29 April 2021Yabes Elia

Microsoft mengatakan bahwa Minecraft adalah salah satu leading platfrom buat para kreator dari sisi ekonomi.

Mod untuk Minecraft sudah terjual 1 miliar kali sejak Mojang membuka marketplace resminya di tahun 2017 dengan total nilai lebih dari US$350 juta.

Microsoft mengatakan hal tersebut saat investor call per kuartal. Dari cerita ini Microsoft menunjukkan bagaimana perusahaan mereka berhasil membuat alat dan menciptakan kesempatan ekonomi dari konsep metaverse.

“Dengan gamegame yang berubah mengusung ekonomi metaverse, kami membangun struktur yang membantu semua orang untuk menjual kreasi mereka di platform kami,” kata Satya Nadella, CEO Microsoft — dikutip dari Gamasutra. “Para kreator berhasil menghasilkan pendapatan lebih dari US$350 juta dari 1 juta kali unduhan untuk mods, add-ons, ataupun pengalaman lainnya di Minecraft. Angka tersebut tidak termasuk aktivitas lainnya di luar marketplace kami.”

Selain itu, sang CEO juga mengungkap jika saat ini Minecraft memiliki nyaris 130 juta pemain aktif bulanan (Monthly Active User — MAU), naik 30% di periode yang sama di tahun 2020. Pada Mei 2020, MAU Minecraft ada di angka 126 juta. Sedangkan pada Mei 2019, ada 91 juta MAU di game tersebut.

Image Credit: Microsoft

Jika Anda tertarik untuk mencari mod-mod terbaik untuk Minecraft, kami pernah membuat daftarnya beberapa waktu lalu.

Selain Minecraft, Nadella juga mengatakan jika mereka melihat peningkatan yang signifikan dari marketplace game Flight Simulator karena para kreator bisa menjual kontennya langsung di dalam game.

Pada kesempatan yang sama, Microsoft juga mengumumkan jika mereka menutup kuartal pertama 2021 (31 Maret) dengan pendapatan sebesar US$41,7 miliar — naik 19% dari tahun sebelumnya. Bisnis game Microsoft secara keseluruhan telah mendatangkan pendapatan sekitar US$3,5 miliar di kuartal pertama.

Di dalam angka tadi, pendapatan dari Xbox Content and Services (termasuk penjualan game, digital add-ons, dan subscription seperti Xbox Game Pass naik US$739 miliar (atau 34%) YoY.

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV