12 March 2021

by Yabes Elia

Mod Final Fantasy IX Ini Membuat Tampilan Grafisnya Jadi Kian Sedap Dipandang

Moguri mod menambahkan beberapa fitur grafis yang akan membuat sesi nostalgia Anda jadi jauh lebih berkesan.

Jika Anda seumuran dengan saya, PSX (PS1) mungkin jadi salah satu kawan paling setia yang menemani masa kecil Anda. Di PSX itu ada 3 game Final Fantasy yang sama legendarisnya, yaitu FFVII, FFVIII, dan FFIX.

FFIX mungkin sering dianggap yang paling inferior ketimbang dua pendahulunya. Garnet mungkin memang tak sepopuler Aerith, Rinoa, apalagi Tifa. Zidane pun juga kalah ngetop dibanding Squall ataupun Cloud. Namun demikian, saya tetap memiliki banyak kenangan manis memainkan FFIX dulu.

Moguri mod yang bisa Anda gunakan untuk Final Fantasy IX dari Steam ini akan membuat sesi nostalgia Anda jauh lebih nikmat. Anda yang belum pernah bermain FFIX sebelumnya juga bisa menggunakan mod ini agar membuat grafisnya bisa dimaklumi di tahun 2021.

Pasalnya, jika kebanyakan mod grafis untuk game lawas hanya sekadar membuat tampilannya semakin tajam sehingga menghilangkan tema klasiknya, Meguri mod mampu mempertahankan gaya originalnya namun dengan tampilan yang lebih jelas, widescreen, dan framerate yang lebih tinggi saat cutscene.

Moguri mod sendiri sebenarnya sudah cukup lama beredar. Ia telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Moguri mod meningkatkan resolusi tekstur background dengan AI deep learning dan cara manual. Anda bisa membaca lengkap prosesnya jika ingin tahu lebih jauh di tautan ini. Saat bagian cinematic, mod ini juga meningkatkan framerate dari 15fps ke 30fps. Selain dua fitur tadi, masih ada banyak fitur lain yang ditawarkan Moguri mod ini yang akan terlalu panjang jika dijelaskan semuanya di sini.

Anda bisa mengunduh Moguri mod yang berukuran 5GB dari situs mereka sendiri.

Akhirnya, mungkin banyak para pemain Final Fantasy yang juga penggemar anime. Namun bagaimanakah sebenarnya hubungan 'cinta segitiga' antara anime, game, dan esports?