Mobile
for SEO
Mobile

Xiaomi Siap Rilis MIUI 9 Versi Final Secara Global

3 November 2017Glenn Kaonang

Janjikan performa yang sangat mendekati stock Android

Suka atau tidak dengan tampilannya, MIUI merupakan salah satu Android versi custom terbaik dan yang konsisten menerima update. Versi terbarunya, MIUI 9, telah menjalani fase pengujian selama beberapa bulan, dan sekarang Xiaomi sudah siap merilis versi finalnya secara global.

Perubahan terbesarnya berkaitan dengan performa. MIUI 9 membawa sederet pembenahan teknis demi mengurangi lag, mempercepat proses loading aplikasi dan menyuguhkan pengalaman menyeluruh yang lebih mulus. Xiaomi bahkan tak segan menyebut performa MIUI 9 sangat mendekati stock Android.

MIUI 9 juga memperkenalkan fitur bernama App Vault. Dari kacamata pengguna iOS, fitur ini cukup mirip dengan Siri Suggestions. App Vault dapat diakses di halaman paling kiri home screen, dan di sana terpampang sederet shortcut ke bermacam fungsi maupun informasi dari aplikasi-aplikasi yang kerap digunakan.

Xiaomi juga telah membenahi sistem notifikasi pada MIUI 9. Notifikasi yang menyimpan konten ekstra kini bisa diperbesar tampilannya, dan pengguna juga dapat memberikan balasan langsung dari panel notifikasi tanpa membuka aplikasi yang bersangkutan.

MIUI 9 Notification

Selain notifikasi, fitur split screen juga ikut disempurnakan. Ukuran masing-masing jendela aplikasi sekarang bisa diatur, dan dengan satu tap pengguna dapat menukar posisi kedua aplikasi yang ditampilkan.

Juga tidak kalah menarik adalah pembaruan pada fitur edit foto bawaan MIUI 9, dimana pengguna sekarang dapat menerapkan fungsi retouch ala di Photoshop untuk menghapuskan elemen yang tak diinginkan pada sebuah foto. Di samping itu, aplikasi pemutar video MIUI 9 kini telah mendukung lebih banyak format dan subtitle.

MIUI 9 Photo Editor

Terakhir, fitur Mi Drop yang dirancang untuk mempermudah proses berbagi file secara wireless via jaringan ad-hoc kini dibungkus sebagai aplikasi terpisah. Nantinya, Xiaomi berencana merilis Mi Drop di Play Store, sehingga pengguna perangkat lain dengan OS Android 4.4+ juga bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan.

Beberapa perangkat yang bakal kebagian jatah update MIUI 9 lebih awal mencakup Redmi Note 4, Mi Mix 2 dan Mi Max 2 – plus Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite yang baru saja diumumkan. Seiring waktu MIUI 9 pastinya juga akan tersedia pada perangkat lain, bahkan termasuk Mi 2 yang sudah berusia 5 tahun – meski tentu saja sejumlah fitur baru MIUI 9 tidak akan tersedia di sana.

Sumber: The Next Web dan MIUI.

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV