Dark
Light

The Washington Post Dibeli oleh CEO Amazon, Jeff Bezos

1 min read
August 6, 2013

Wajah miliarder yang juga CEO Amazon, Jeff Bezos, menghiasai berbagai media online dalam dua hari terakhir ini setelah keputusan beraninya membeli The Washington Post senilai $250 juta dalam bentuk cash. Pembelian tersebut telah dikonfirmasi oleh The Washington Post semalam waktu Indonesia kepada Engadget.

Disebutkan oleh The Washington Post bahwa bahwa Amazon tidak memiliki peran dalam proses pembelian ini, Jeff melakukan pembelian atas nama pribadi. Setelah proses transaksi pembelian ini selesai maka Jeff Bezos akan resmi menjadi pemilik tunggal The Washington Post. Proses transaksi ini setidaknya membutuhkan waktu 60 hari.

Berbagai respon lantas muncul pasca pemberitaan ini, sebagian berpendapat bahwa keputusan Jeff akan melibatkan dirinya dalam sebuah permainan catur, dan itu bisa menjatuhkan dirinya. Terlebih Jeff punya pandangan yang bisa jadi membuatnya tersadar dengan apa yang baru saja dilakukan, pada sebuah wawancara pada tahun 2012 lalu, Jeff mengatakan bahwa media dalam bentuk print out akan mati 20 tahun mendatang, selain itu Jeff juga mengatakan bahwa di web online, orang tidak mau membayar untuk membaca berita.

Menjadi menarik, dengan pandangan seperti itu Jeff pada akhirnya mau membeli The Washington Post yang memiliki akar di sisi cetak dan menerapkan sistem berbayar pada media online mereka.

Pada kuartal terakhir, media cetak The Washington Post justru mengalami penurunan pendapatan hingga 4%. Sementara pendapatan dari media online dan sebagian besar dari Washingtonpost.com dan properti media Slate justru naik 8% menjadi $25.8 Juta.

Kemudian suksesnya penjualan Kindle Fire juga menandakan bahwa sekarang adalah momen peralihan dari media cetak ke media digital, Jeff juga mengemukakan pendapat bahwa orang mau membayar biaya berlangganan koran di tablet, tablet juga bisa menjadi momentum bagi perkembangan media (koran).

Masih disebutkan dari TechCrunch, Jeff tidak akan ikut campur dalam urusan editorial media yang baru dibelinya ini, Engadget juga menyebutkan bahwa Jeff tidak akan ikut dalam operasional harian The Washington Post, namun akan ada perubahan dalam perusahaan dalam beberapa tahun ke depan.

Seperti apa strategi Jeff untuk The Washington Post, inovasi apa yang akan menghinggapi media yang menjadi salah satu media tertua ini? Integrasi apa yang akan terjadi dengan Amazon serta produk Kindle? Mari kita nantikan gebrakan Jeff Bezos.

Sumber berita: Engadget, Techcrunch dan gambar header: commons.wikimedia.

Previous Story

Bocoran Tampilan Fisik HTC One ‘Layar Lebar’ Muncul ke Publik

Next Story

Bocoran Foto Untuk Media dari Perangkat BlackBerry Z30 Alias A10 Muncul di Internet

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri
Pejaran yang dapat dipetik startup dari kiprah Amazon sebagai raksasa teknologi dunia / Pixabay

Tips Menanamkan Budaya Inovasi yang Berpusat pada Pelanggan dalam Bisnis Startup

Seperti diketahui, inovasi menjadi salah satu yang menggerakkan bisnis startup.