2 March 2022

by Galih

Developer Genshin Impact Investasi ke Pembangkit Nuklir

MiHoYo nampaknya punya strategi bisnis yang berbeda dari kebanyakan developer game lainnya.

Menjadi salah satu game dengan pendapatan tertinggi sekarang memang membuat developer dari Genshin Impact, MiHoYo memiliki kebebasan untuk melakukan apapun.

Mulai dari membangun kantor cabang baru di berbagai negara di seluruh dunia, hingga berinvestasi ke eksperimen reaktor nuklir sungguhan.

Seperti yang dilaporkan oleh PanDaily, MiHoYo dikabarkan bergabung dengan firma investasi asal Tiongkok NIO Capital untuk mendanai sebuah perusahaan bernama Energy Singularity.

Tidak main-main, MiHoYo dan NIO Capital disebut menggelontorkan dana hingga $63 juta atau sekitar Rp903 miliar untuk pengembangan "perangkat kecil eksperimental tokamak berbasis material superkonduktor temperatur tinggi, dan sistem magnet canggih yang dapat digunakan untuk generasi baru dari perangkat fusi performa tinggi."

sumber: Genshin Impact

Apa sebenarnya 'Tokamak' itu? Dalam penjelasannya, tokamak disebut sebagai sebuah konsep desain untuk fusi nuklir yang akan mengalirkan plasma menggunakan medan magnet berbentuk donat. Desain ini dianggap sebagai desain fusi nuklir generasi baru yang paling memungkinkan untuk dibuat.

Lalu mengapa MiHoYo (yang ganti nama jadi Hoyoverse) sekarang terjun ke industri energi? Jawabannya adalah karena MiHoYo ternyata memposisikan perusahaannya lebih dari sekadar sebuah studio game.

MiHoYo terus mengedepankan moto mereka yaitu "Tech otakus save the world" atau yang diartikan sebagai "Otaku (orang yang benar-benar menyukai budaya Jepang) teknologi menyelamatkan dunia". Pedoman itulah yang membuat MiHoYo menggunakan keuntungan dari game-nya untuk hal-hal yang berhubungan dengan dunia teknologi.

Sebelum keikutsertaannya dengan proyek fusi nuklir ini, MiHoYo ternyata juga sudah sempat ikut dalam proyek eksperimental teknologi lain seperti 'teknologi antarmuka otak-komputer' yang bertujuan untuk mencari kemungkinan menyembuhkan depresi.

Namun demikian, dengan pendapatan lebih dari $1 miliar selama tahun 2021, MiHoYo sepertinya juga akan terus aktif meng-updategame andalannya -- seperti update 2.6 yang kini sedang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para pemain Genshin Impact. Area baru yang bernama The Chasm nantinya akan menyuguhkan dua map yang sangat berbeda.

Dalam bocoran yang diberikan oleh akun Twitter @Genshin_Intel, The Chasm disebut akan memiliki area di atas permukaan tanah yang merupakan bagian dari Teyvat overworld, dan juga area di bawah permukaan berupa tambang bawah tanah yang akan menjadi map terpisah.