Dark
Light

Mig33 Bermitra dengan Gree, Membuka Peluang untuk Para Pengembang Social Game

1 min read
April 15, 2011

Salah satu layanan mobile community pertama dan terbesar, Mig33, beberapa hari yang lalu mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan platform jejaring sosial asal Jepang, Gree. Dimana Mig33 akan mengadopsi platform smartphone Gree dan membuka komunitas Mig33 bagi pengembang social game di Jepang dan beberapa negara lain.

Saat ini Mig33 memiliki lebih dari 47 juta pengguna dan membuka pintu mereka bagi pengembang untuk mengakses userbase mereka, belum lagi kini semua game di Gree dapat lebih mudah diadaptasi untuk berjalan pada platform mig33. Kemitraan cross-port apps ini secara signifikan dapat meningkatkan minat bagi pengembang untuk membangun aplikasi pada platform mig33, menambahkan lebih banyak konten yang mungkin dimainkan bagi pengguna mig33.

Kemitraan ini rupanya merupakan adaptasi dari kemitraan sebelumnya antara Gree-Tencent di Cina yang mengadopsi mig33 ke platform di pasar mobile Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Mig33 telah mempromosikan layanan mereka sebagai platform e-commerce dengan pertumbuhan ekonomi virtual yang sangat cepat dan dalam perkembangan ini akan membuka pintu bagi para pengembang untuk membangun permainan sosial di atas platform mereka. Mig33 juga menunjukkan bahwa seperti platform lain, pengembang dapat menghasilkan uang dari aplikasi mereka ke pasar yang masih belum tersentuh.

Steven Goh, CEO dari mig33 melalui siaran pers mengatakan bahwa kemitraan ini akan “mengubah wajah permainan sosial di seluruh Asia, di mana jutaan pengguna ponsel di pasar negara berkembang, kecuali Cina dan Jepang kini dalam jangkauan.” Rencana mig33 ini bisa saja terjadi, terutama untuk Indonesia, dimana monetisasi masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi, walaupun memang tidak ada penjelasan yang jelas tentang bagaimana sebenarnya sistem merchant Mig33 akan bekerja di Indonesia.

Sejauh ini, mig33 telah memiliki lebih dari 24 juta pengguna di Indonesia, itu lebih dari 50% dari total pengguna secara keseluruhan, yang menjadi sangat masuk akal jika mig33 lebih fokus pada Indonesia, apalagi pangsa pasar ponsel tumbuh secara signifikan setiap tahunnya. Indonesia juga terkenal dengan adaptasi layanan berbau sosial yang sangat tinggi.

Perkembangan dunia game juga sangat besar di Indonesia, permainan sosial seperti Zynga Cityville, Farmville, dan Poker adalah salah satu permainan yang paling populer di negeri ini. Namun demikian, itu akan menjadi tantangan besar bagi mig33, bagaimana mereka bisa mencuri pasar dari Facebook, ini memang strategi jangka panjang, tapi selalu layak di coba. Facebook sendiri belum melakukan apa-apa untuk pangsa pasar Indonesia, yang menjadikannya lebih mudah untuk mig33 dalam memahami pasar, mempelajarinya dan semoga bisa mencuri beberapa bagian dari pangsa pasar pengguna.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Check-in isn’t dead, it’s just getting started

Next Story

Untuk Koprol: Mohon Terima Usulan Lokasi Saya (Updated)

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Akuisisi Migme oleh Solaris Power Cells Masih Tunggu Pemenuhan Kewajiban

Di akhir Apri lalu, Solaris Power Cells (selanjutnya disebut Solaris),

Migme Siapkan Skenario Penjualan Perusahaan

Migme dalam keterbukaannya di Bursa Efek Australia (ASX) mengumumkan perpanjangan