Game
for SEO
Game

Microtransaction Akan Segera Menginvasi Plants vs. Zombies: Garden Warfare

29 April 2014Yoga Wisesa

Menyajikan permainan dengan harga penuh atau dengan mengadopsi in-app puchase sepenuhnya merupakan keputusan para penciptanya. Biasanya tiap metode bisnis berhubungan erat dengan mekanisme dan keseimbangan permainan. Lalu bagaimana jika game yang ditawarkan dengan harga ‘penuh’ ditambahkan fitur microtransaction?

Hal ini akan segera terjadi pada game Plants vs. Zombies: Garden Warfare. Dari laman Electronic Arts, PopCap Games menjelaskan dan mengenalkan fitur baru yang hadir dalam downloadable content berjudul Zomboss Down.

DLC ini tersaji gratis bagi seluruh pemilik PvZ Garden Warfare. Tapi di akhir artikel, terdapat indikasi jelas bahwa microtransaction akan menjadi bagian dari permainan shooter jenaka ini.

 

Info menarik: MSI & Qeon Adakan Gathering Gamer dan Charity Minggu Lalu

 

“Mulai minggu depan, pemain akan diberikan pilihan untuk membeli koin dari Sticker Shop, yang memungkinkan pemain untuk mengakses konten dan pack lebih cepat – konten yang sama bisa Anda dapatkan dengan bermain biasa,” tulis produser PvZ:GW Brian Lindley. “Kini Anda mendapatkan pilihan untuk bermain dengan cara Anda sendiri, Anda bisa bermain untuk mendapatkan konten baru, atau Anda bisa membelinya secara langsung.”

Dilihat dari presentasi keseluruhan, Plants vs. Zombies: Garden Warfare memang sangat meyakinkan: formula shooter yang solid, map-map yang didesain dengan baik, masing-masing kelas karakter yang berbeda namun sangat seimbang dan ditambah opsi kustomisasi yang sangat luas.

Sayangnya dalam versi orisinilnya, PopCap hanya menawarkan tiga jenis mode permainan. Zomboss Down memang diharapkan dapat menambal kekurangan ini.

Microtransaction dalam PvZ: Garden Warfare adalah hal yang cukup dikhawatirkan oleh beberapa kalangan. Dalam wawancaranya dengan GameSpot bulan Februari lalu, Lindley sempat menerangkan bahwa tidak akan ada jenis microtransaction apapun saat game ini diluncurkan nanti. Sayang penjelasan Lindley itu memang terdengar menggantung, dan apa yang banyak gamer khawatirkan akhirnya benar-benar terjadi.

Sebenarnya microtransaction dalam game premium bukanlah hal baru, dan kita baru bisa menilainya lebih jauh saat ia diaplikasikan nanti.

MMORPG premium berjudul Guild Wars 2 bisa dibilang menggunakan metode sejenis, namun developer ArenaNet menyajikannya dengan cerdas: terdapat dua jenis currency di dalam game, gem dan gold. Gem bisa Anda beli dengan uang, dan gold bisa Anda dapatkan dari bermain.

 

Info menarik: Kompetisi Vlogging (Video Blogging) Berhadiah Smartphone Terbaru dari Smartfren

 

Tapi di dalam Guild Wars 2, developer dari awal telah menanamkan sistem tukar mata uang yang berlaku dua arah. Gold bisa ditukarkan dengan gem, dan gem bisa ditukarkan dengan gold. Dan semua ini ditawarkan dengan gaya bursa saham – Anda bisa untung dan rugi dalam ekosistem ekonomi game yang dinamis. Baik pemain dan developer sama-sama bisa mendapatkan keuntungan.

Namun Plants vs. Zombies: Garden Warfare bukanlah MMO dengan konten yang tidak bisa disejajarkan dengannya, dan kita belum tahu apakah mata uang microtransaction mereka juga berlaku dua arah.

Sejauh ini banyak gamer mengeluhkan mekanisme grinding permainan untuk mengumpulkan koin. Mekanisme yang sama yang diusung dalam banyak permainan free-to-play, hanya saja Garden Warfare bukanlah permainan ‘gratis’. Ia dibanderol seharga US$ 40.

Gambar header: PvZGardenWarfare.com.

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV