Gadget News

Microsoft Resmikan Xbox Series S, Console Next-Gen Seharga $299

09 Sep 2020 | Glenn Kaonang
Lebih murah daripada Series X, tapi juga dengan performa grafis yang lebih inferior

Apa yang dirumorkan sejak Juni lalu rupanya benar. Di samping Xbox Series X, Microsoft rupanya juga telah menyiapkan console alternatif yang lebih terjangkau. Eksistensinya akhirnya dikonfirmasi oleh Microsoft sendiri. Sesuai dugaan sebelumnya, perangkat tersebut mereka namai Xbox Series S.

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas, bentuknya yang tipis lebih mirip seri Xbox One ketimbang Series X, dan perangkat juga dapat diposisikan secara horizontal kalau melihat orientasi logo Xbox yang terpampang. Microsoft bilang Series S merupakan Xbox paling mungil yang pernah mereka buat, dengan volume hampir 60% lebih ringkas daripada Series X.

Berbeda dari Series X, Series S sama sekali tidak memiliki optical drive, yang berarti semua kontennya hanya bisa didapat secara digital saja. Performanya juga tidak seberingas Series X, akan tetapi Microsoft tetap mengategorikannya “next-gen“. Spesifiknya, Series S siap menjalankan game di resolusi 1440p 120 fps.

Beberapa fitur pelengkap, seperti dukungan DirectX Raytracing, Variable Rate Shading, dan Variable Refresh Rate, juga tersedia pada Series S. Kalau memang Anda bersikeras ingin bermain di resolusi 4K, Series S bisa mewujudkannya tapi via teknik upscaling. Di luar gaming, Series S siap dipakai untuk streaming video dengan resolusi 4K.

Terlepas dari performa grafis yang lebih inferior, Series S banyak mewarisi teknologi-teknologi baru yang diusung kakaknya. SSD yang tertanam misalnya, menggunakan interface NVMe yang sama ngebutnya, hanya saja kapasitasnya di-downgrade menjadi 512 GB ketimbang 1 TB. Loading game dipastikan jauh lebih kencang daripada sebelumnya, dan fitur Quick Resume seperti yang ditawarkan Series X pun juga bisa diwujudkan di sini.

Namun tema utama yang diangkat Series S adalah bagaimana ia bisa dijangkau oleh lebih banyak kalangan, dan itu Microsoft wujudkan dengan membanderolnya seharga $299 saja. Xbox Series X di sisi lain belum punya harga resmi, akan tetapi Windows Central melaporkan harganya dipatok $499.

Di Amerika Serikat, Microsoft bakal memasarkan Xbox Series S mulai 10 November. Series X kabarnya juga akan mulai dijual di hari yang sama.