3 August 2012

by wiku

Microsoft Siapkan 'Nama Komersil' Untuk Tampilan Windows 8 - Metro

Penggunaan kata 'Metro' untuk menyebut tampilan UI (User Interface) yang dimiliki Windows 8, tidak lagi akan digunakan. Tampilan yang memiliki kesan tipografi yang kental dan cukup menyegarkan di banding tampilan OS Microsoft sebelumnya.

Nama 'Metro' digunakan sebagai code name, yang biasanya untuk memudahkan penyebuatan pengembangan sebuah proyek tertentu, di kalangan internal Microsoft.

Dikabarkan penggunaan nama ini tidak akan sampai pada produk komersial yang nanti beredar di pasaran. Kabar yang beredar, perusahaan asal Jerman yang memiliki trademark atas nama ini akan mengajukan tindakan legal jika Microsoft masih menggunakan kata 'Metro' pada produk mereka.

Pihak Microsoft berkomentar bahwa nama 'Metro Style' adalah nama yang digunakan selama tahap pengembangan berbagai lini produk mereka. Kini, menjelang rilis resmi serta masa transisi dari percakapan industri menuju percakapan yang akan menyasar konsumen lebih luas, Microsoft akan menggunakan nama komersil mereka.

Saat ini, penyebutan yang digunakan Microsoft untuk menyebut 'Metro' adalah 'Windows 8-style UI' untuk menyebut pada aplikasi Windows 8 serta 'New User Interface' merujuk pada lini produk lengkap mereka.

Masalah legal memang bisa menjadi hambatan dalam rilis publik, apakagi Microsoft bisa dibilang 'bertaruh' cukup besar untuk merilis perubahan signifikan pada tampilan Windows mereka. Kita tunggu nama resmi apa yang akan digunakan sebagai nama komersil tampilan Windows 8.

Sumber: Arstechnica. Gambar: Wikipedia.